2 Dongeng Anak Sebelum Tidur yang Populer

Membacakan dongeng anak sebelum tidur, memiliki banyak manfaat. Misalnya, dongeng akan membantu si Kecil agar di kemudian hari, ia rajin membaca. Tak hanya itu, membacakan dongeng juga bisa menjadi alternatif jika si kecil terbiasa ngempeng atau ngedot.

Memilih dongeng, juga butuh perhatian khusus. Sebisa mungkin, dongeng yang dipilih tidak terlalu sulit. Pasalnya, untuk anak berumur 1-3 tahun masih belum bisa menangkap keseluruhan isi cerita yang kompleks. Keterbatasan bahasa menjadi penyebab utama hal tersebut terjadi. 

Carilah dongeng anak sebelum tidur yang sederhana. Selain itu, bacakan juga buku dongeng yang di dalamnya memiliki banyak gambar. 

Jika bisa, komposisi gambar harus lebih banyak dibandingkan tulisan. Lebih baiknya lagi, lakukan gerakan maupun mimik sesuai dengan cerita yang dibacakan. 

Hal tersebut sangat bermanfaat untuk memicu ketertarikan si Kecil terhadap cerita yang dibacakan. Jika kamu belum mengetahui dongeng apa saja yang ingin dibacakan, mungkin rekomendasi judul dongeng berikut ini bisa membantumu. 

Dongeng Anak Sebelum Tidur yang Populer Diceritakan

Ada banyak buku dongeng yang tersedia di pasaran. Walaupun banyak, orang tua juga harus menyeleksinya agar menemukan buku dongeng yang menarik bagi si kecil. Kira-kira, apa saja ya buku dongeng yang terbaik untuk diceritakan? Berikut ini rekomendasinya untuk kamu pertimbangkan.

1.Si Kelinci yang Sombong dan Kura-kura

Rekomendasi pertama yakni dongeng dengan judul Si Kelinci yang Sombong dan Kura-kura. Dongeng ini menceritakan tentang seekor kelinci yang merasa dirinya hewan yang memiliki kemampuan berlari paling cepat. 

Ia bersikap sombong terhadap hewan lainnya. Dan pada suatu hari, kelinci menantang kura-kura untuk lomba lari. 

Kura-kura yang memiliki sifat rendah hati, akhirnya menerima ajakan dari kelinci. Tapi, kura-kura masih belum tahu maksud buruk di belakang ajakan si kelinci. 

Pada satu sisi, kelinci sudah yakin menang. Ia sangat semangat hingga mengabarkan lomba lari ini ke seluruh hutan. 

Pada hari diselenggarakannya lomba, kelinci memang sangat cepat. Lantaran sombong, ia menghabiskan waktu untuk tidur di perlombaan. 

Di sinilah kura-kura mengambil kesempatan untuk memenangkan lomba. Dengan langkahnya yang pelan, sedikit demi sedikit kura-kura berlari menuju garis finish. 

Akhirnya, kura-kura yang menang walaupun kelinci sudah menyusulnya. Jarak yang ada terlampau jauh untuk dikejar. Pesan yang dibawa cerita ini, yakni tidak boleh meremehkan kemampuan dari siapapun serta harus tekun jika ingin meraih kemenangan. 

2.Singa dan Tikus

Rekomendasi dongeng anak sebelum tidur selanjutnya yakni Singa dan Tikus. Dongeng ini bercerita tentang seekor tikus yang usil terhadap singa. Secara sengaja, tikus membangungkan singa yang tertidur pulas. Namun, singa sangat marah ketika terbangun dan ingin segera memakan si tikus. 

Tapi, dengan kebesaran hati singa, ia memaafkannya lalu membebaskan tikus. Tikus sangat berterima kasih atas hal ini lalu berjanji, bahwa suatu waktu ia akan membalas kebaikan dari singa. 

Hingga pada suatu ketika, singa terperangkap jerat pemburu. Singa sangat takut karena akan dibunuh. Singa menangis semalaman. Tapi tikus yang mendengar suara tangisan singa, langsung datang. Ingat kebaikan dari singa, tikus membantu melepaskan jeratan dengan menggigit jaring yang menjerat singa hingga putus. 

Sejak berhasil menolong singa, tikus menjadi teman baiknya. Pesan yang ingin disampaikan dari dongeng ini adalah jangan sampai melupakan kebaikan dari orang lain dan berusaha untuk membalas kebaikan yang pernah dilakukannya. 

Sebenarnya, masih ada banyak lagi dongeng yang bisa dipilih. Misalnya saja, Si Kancil dan Buaya, Kawanan Semut dan Belalang, dan juga Kisah Pohon apel. Tapi, dongeng anak sebelum tidur yang sudah disarankan di atas sudah lebih dari cukup untuk dibaca berulang-ulang hingga si Kecil mengerti pesan-pesan yang disampaikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *