3 Manfaat Tak Terduga dari Asam Amino Lisin

Asam amino lisin merupakan satu dari beberapa jenis asam amino esensial yang amat dibutuhkan tubuh. Ada begitu banyak manfaat dari senyawa yang tak mampu dihasilkan tubuh secara mandiri ini. Manfaatnya bisa langsung terasa lantaran lisin adalah bahan penyusun protein.

Di antara begitu banyaknya manfaat dari asam amino lisin, mungkin tiga manfaat di bawah ini jarang diketahui. Namun, beberapa studi dan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keuntungan ini bisa saja didapat seseorang jika dapat memenuhi kebutuhan akan asam amino lisin.

Berikut ini tiga manfaat tak terduga dari asam amino lisin:

  • Baik untuk Kesehatan Mental

Kesehatan mental tak kalah penting dari kesehatan fisik dan keduanya saling berkaitan. Malah, banyak yang mengatakan bahwa kesehatan mental punya pengaruh besar dalam menjaga kesehatan fisik seseorang.

Mengonsumsi asam amino lisin bisa memberi manfaat bagi kesehatan mental Anda, yakni mengurangi kecemasan. Hal ini terjadi karena asam amino lisin berfungsi dalam akses reseptor respons stres.

Satu studi menemukan bahwa asam amino lisin memblokir reseptor yang terlibat dalam respons stres. Para peneliti mengamati bahwa tikus yang diberi lisin telah mengurangi tingkat buang air besar yang disebabkan stres.

Adapun sebuah studi terhadap manusia, yang dilakukan kepada 50 orang sehat, menemukan bahwa dengan 2,64 gram lisin dan arginin mereka mampu menurunkan kecemasan yang dipicu stres dan mengurangi kadar hormon stres kortisol.

Lisin mungkin juga dapat membantu penderita skizofrenia, gangguan mental yang mengganggu persepsi individu tentang dunia luar, seringkali mengakibatkan ketidakmampuan untuk memahami kenyataan.

Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, lisin mungkin berpotensi memperbaiki gejala skizofrenia dalam kombinasi dengan obat yang diresepkan.

  • Meningkatkan Retensi Penyerapan Kalsium

Manfaat dari asam amino lisin lainnya dapat membantu tubuh seseorang mempertahankan salah satu mineral penting ini. Hal ini terjadi karena senyawa dari lisin meningkatkan penyerapan kalsium di usus seseorang.

Manfaat ini telah dibuktikan oleh sebuah studi pada 30 wanita, 15 sehat dan 15 dengan osteoporosis. Wanita yang diberi 3 gram kalsium saja mengalami peningkatan progresif kalsium dalam urin mereka. Namun, wanita yang juga menerima 400 mg lisin kehilangan lebih sedikit kalsium melalui urin mereka. Ini artinya, kalsium terserap dengan baik oleh tubuh.

Lisin tampaknya melindungi tulang Anda dan mungkin juga berperan dalam mengontrol kemana kalsium diangkut ke dalam tubuh Anda.

Lebih lanjut, satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa sel yang tumbuh tanpa lisin mengalami peningkatan pergerakan kalsium keluar dari sel. Peningkatan ini tidak terjadi pada sel yang memiliki asam amino lisin.

  • Optimalisasi Proses Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka adalah proses kompleks yang membutuhkan mineral, vitamin, dan faktor lain yang berbeda. Lisin tampaknya memiliki peran yang tak ternilai, dan tanpa lisin yang memadai, penyembuhan luka akan terganggu.

Manfaat ini menjadi masuk akal lantaran faktanya asam amino lisin diperlukan tubuh untuk pembentukan kolagen. Kolagen inilah yang bertindak sebagai pemicu bagi tubuh membentuk struktur baru pada kulit dan tulang.

Selain itu, asam amino esensial ini juga dapat bertindak sebagai agen pengikat, sehingga meningkatkan jumlah sel baru pada luka, bahkan dapat meningkatkan pembentukan pembuluh darah baru.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, kombinasi lisin dan asam amino arginin mampu mempercepat dan meningkatkan proses penyembuhan patah tulang. Dalam jaringan hewan, lisin menjadi lebih aktif di lokasi luka dan membantu mempercepat proses perbaikan.

Dalam studi lain pada 40 kelinci, ditemukan bahwa 47 mg per kg berat badan asam amino lisin dan 50 mg per kg berat badan arginin secara signifikan meningkatkan aliran darah dan penyembuhan tulang secara keseluruhan.

Hasilnya, kelinci yang menerima lisin dan arginin mengalami pengurangan waktu penyembuhan selama 2 minggu dibandingkan dengan kelompok kontrol.

***

Asam amino lisin bisa diperoleh dari bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, utamanya bahan makanan yang secara alami tinggi protein, seperti daging, produk susu, dan juga beberapa bahan nabati.

Upayakan untuk selalu menjaga pola konsumsi Anda dengan makanan sehat dan bergizi. Sebab tanpa asam amino lisin yang cukup, tubuh Anda mungkin tidak dapat menghasilkan hormon dan sel kekebalan yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *