5 Masalah Umum yang Kerap Dialami Ibu Bekerja

Tantangan sebagai seorang ibu yang bekerja

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier dalam waktu bersamaan bukan hal mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan komitmen dan tanggung jawab yang besar agar keduanya bisa berjalan dengan seimbang. Jika tidak, justru bisa menimbulkan masalah ibu bekerja yang dapat berimbas pada keluarga dan karirnya. 

Menjadi ibu yang bekerja sebenarnya bukan hal yang salah. Selama bisa menjalankan kedua peran dengan baik, semuanya akan baik-baik saja. Akan tetapi dalam kenyataannya, ibu yang bekerja juga kerap menghadapi berbagai masalah termasuk pandangan orang yang menganggapnya mengorbankan keluarga demi pekerjaan.

Meskipun banyak yang bisa melakukannya, akan tetapi ada beberapa tantangan dan masalah umum yang kerap dialami oleh ibu yang bekerja. Mau tahu apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Masalah Umum yang Kerap Dihadapi Ibu Bekerja

Ada beberapa masalah umum yang sering dialami oleh ibu rumah tangga yang sekaligus berstatus sebagai pekerja, seperti berikut ini:

  1. Tidak Mampu Menjaga Keseimbangan

Salah satu masalah paling umum yang dialami ibu bekerja adalah ketidakmampuan untuk menjaga keseimbangan. Menjadi ibu sekaligus wanita karir yang bekerja penuh waktu merupakan hal yang sangat melelahkan. Anda dituntut untuk bisa bekerja profesional tanpa meninggalkan kewajiban untuk mengurus anak dan rumah tangga. 

Jika tidak memiliki manajemen yang baik, hal ini bisa berpengaruh terhadap keseimbangan kehidupan kerja yang sekaligus berpengaruh terhadap kesehatan mental dan emosi anda.

  1.  Dihantui Dengan Rasa Bersalah

Tidak bisa dipungkiri juga tugas utama seorang ibu adalah mengurus anak dan rumah tangga. Akan tetapi dalam beberapa hal, ibu juga dituntut untuk bekerja demi membantu suami. Kondisi ini tidak jarang membuat ibu yang bekerja kerap dihantui rasa bersalah karena tidak bisa mengurus anak dan keluarga dengan maksimal selama bekerja.

  1. Prioritas Dipertanyakan

Suami yang bekerja dan ibu yang bekerja meskipun sama-sama bekerja akan tetapi ada cara pandang yang berbeda. Seorang suami yang bekerja dianggap sebagai rasa tanggungjawab terhadap keluarga. Akan tetapi jika ibu bekerja, maka prioritasnya masih akan dipertanyakan terutama komitmennya terhadap keluarga. Hal ini yang kerap menjadi masalah umum bagi ibu yang bekerja.

  1. Selalu Berusaha Untuk Multitasking

Masalah umum lainnya yang juga dialami oleh ibu yang bekerja adalah kebutuhan untuk selalu multitasking. Hal ini karena anda harus menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga agar keduanya bisa berjalan dengan baik. Jadi anda akan dituntut untuk terus menerus mengatur waktu antara kehidupan pribadi dan profesional.

  1. Tidak Ada Waktu untuk Diri Sendiri

Kesibukan menjadi ibu rumah tangga sekaligus seorang pekerja profesional kadang membuat ibu bekerja menjadi tidak ada waktu untuk dirinya sendiri. Bahkan waktu cuti dari pekerjaan juga harus diluangkan untuk keperluan keluarga. Hal ini tidak jarang membuat ibu yang bekerja menjadi lebih mudah emosional karena tidak memiliki waktu untuk menyenangkan dirinya sendiri. Akan tetapi jika dari awal sudah berkomitmen untuk menjalani keduanya, harusnya sudah siap dengan konsekuensi tersebut.

Di jaman sekarang ini, menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir dianggap sesuatu yang sangat membanggakan karena bisa bekerja tanpa melupakan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga. Akan tetapi dibalik itu semua, ada banyak masalah yang harus dihadapi oleh ibu yang bekerja termasuk harus mengorbankan waktu untuk dirinya sendiri.

Itulah berbagai tantangan dan masalah umum yang kerap dialami oleh ibu bekerja. Jika anda berniat untuk tetap berkarir setelah berkeluarga, pastikan pikirkan secara matang dan komunikasikan dengan pasangan. Hal ini untuk meminimalisir berbagai masalah yang bisa saja muncul karena tidak bisa menyeimbangkan antara karir dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *