6 Cara Mengatasi Mata Kering Dengan Pengobatan Rumahan

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi

Mata kering ini merupakan kondisi dimana mata tidak dapat menghasilkan air mata dengan baik.

Bagi Anda yang mengalami mata kering akan mengalami terasa seperti perih serta terbakar pada area mata, dan seperti terdapat sesuatu yang mengganjal di mata Anda. Mata kering ini biasanya akan berwarna merah serta nyeri maupun mengeluarkan cairan berserat.

Bagi Anda yang mengalami mata kering akan terasa penglihatan kabur maupun mudah lelah, apalagi ketika sedang membaca atau melihat komputer. 

Terdapat cara mengatasi mata kering dengan pengobatan rumahan serta gaya hidup yang bisa mengurangi dari gejala mata kering, serta mencegah hal itu terjadi. Artikel ini akan membahas penyebab serta mengatasi perawatan medis untuk pengobatan rumahan. 

Sementara sindrom mata kering dapat terjadi pada usia berapa pun dan pada orang sehat, ini sangat umum terjadi pada individu berikut:

  • Orang yang melakukan pekerjaan di depan komputer yang lama
  • Orang yang menggunakan lensa kontak
  • Orang yang bekerja di tempat kerja yang kering dan panas
  • Orang dengan kekurangan nutrisi
  • Orang yang lebih tua

Selain itu, mata kering dapat disebabkan oleh beberapa obat oral yang digunakan untuk mengobati jerawat, pilek, tekanan darah, dan gangguan mood.

Mengopres hangat mata serta dengan lembut mencuci kelopak mata, tujuan itu dapat membantu melepaskan minyak pada kelenjar air mata. Ini meningkatkan kualitas air mata.

Ketika cuaca dingin, Anda bisa menggunakan pelembab udara di tungku dapat membantu dalam melembabkan udara kering. 

Kipas angin serta pengering rambut dapat membuat mata Anda kering. Apabila Anda mengalami mata kering harus menghidari perangkat ini yang mengeluarkan udara. Menggunakan kacamata bisa membantu untuk melindungi mata langsung terkena angin ketika d luar ruangan. 

Ada banyak merek obat tetes mata buatan yang tersedia di pasaran tanpa resep dokter. Beberapa orang dengan mata kering menganggap ini bermanfaat untuk meredakan gejala.penggunaan air mata buatan “sering dan teratur”, bahkan ketika mata tidak terasa tidak nyaman.

Kelopak mata atas serta bawa harus terhindar dari krim wajah ketika Anda sebelum tidur, hal itu dapat membuat terjadinya masuk ke lapisan pada mata. Inilah cara mengatasi mata kering :

  1. Kompres Hangat

Air mata terbuat dari minyak, air, dan lendir. Mata Anda membutuhkan ketiga bagian tersebut agar tetap lembab dan sehat. Kelopak mata yang rada maupun terkelupas bisa membuat penyumbatan kelenjar penghasil minyak pada area kelopak mata serta membuat mata kering. 

Untuk membantu meredakan iritasi dan melonggarkan minyak yang tersumbat, basahi waslap bersih dengan air hangat, peras, dan letakkan di atas mata tertutup Anda setidaknya selama satu menit. Tekan perlahan tepi kelopak mata Anda dengan jari Anda untuk membantu memeras minyak yang tersumbat. Udara panas yang lembab bisa membantu agar melonggarkan minyak yang tersumbat pada kelenjar. Basahi kain sesering mungkin, agar tetap hangat. Anda mungkin memerlukan kompres hangat setiap hari untuk membantu menurunkan peradangan, bahkan setelah mata Anda terasa lebih baik.

  1. Cuci Bulu Mata Berkerak

Melakukan pembersihan pada area kelopak mata, kulit, dan rambut pada sekitarnya, bisa membantu dalam mengatasi peradangan kelopak mata. Teteskan sedikit sampo bayi atau sabun lembut di ujung jari Anda dan pijat dengan lembut mata tertutup Anda, di dekat pangkal bulu mata Anda.

  1. Berkedip Lebih

Menatap komputer membatasi berapa kali Anda berkedip per menit. Jadi cobalah untuk sering berkedip saat Anda online. Ikuti aturan 20/20: tutup mata Anda setiap 20 menit selama 20 detik.

Trik sederhana lainnya untuk menjaga mata Anda tetap lembab saat berada di depan komputer: Atur layar Anda di bawah ketinggian mata. Anda tidak perlu membuka mata lebar-lebar, yang dapat membantu memperlambat penguapan air mata di antara kedipan.

  1. Makan Ikan Berminyak

Salmon,tuna,sarden, trout, dan mackerel yaitu memiliki kandungan asam lemak omega-3. Pada sebuah penelitian menunjukkan lemak sehat seperti ini dapat menolong kelenjar yang membuat minyak pada mata Anda bisa bekerja lebih baik, serta bisa meredakan iritasi. 

Makanan lain yang secara alami tinggi lemak omega-3 termasuk kenari, minyak nabati (seperti minyak canola dan kedelai), dan biji rami. Anda juga dapat mengonsumsi asam lemak omega-3 sebagai pil atau tablet. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda memulai suplemen baru apa pun, hanya untuk memastikan itu tidak akan memengaruhi kondisi apa pun yang Anda miliki atau obat-obatan yang Anda minum.

  1. Tetap terhidrasi

Di setiap tubuh Anda membutuhkan air agar tetap sehat, termasuk juga dengan mata Anda. Minum air membantu menjaga mereka tetap lembab.

Tapi jangan menunggu sampai Anda haus untuk menyesap air. Saat itu, Anda mungkin sudah sedikit mengalami dehidrasi.

Sebaliknya, bidik delapan hingga 10 gelas sepanjang hari. Jika Anda tidak menyukai air putih, cairan lain yang tidak mengandung alkohol atau kafein dapat digunakan. Makanan kaya air seperti mentimun dan semangka juga diperhitungkan.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda terhidrasi dengan baik: Periksa kencing Anda. Jika tidak berwarna atau kuning muda, kemungkinan Anda mendapatkan cukup cairan.

  1. Kenakan Kacamata Hitam

Menggunakan kacamata ini bisa membuat Anda melindungi mata dari angin yang kering, dimana membuat air mata lebih cepat kering. Di rumah, hindari meniupkan udara dari pengering rambut, AC, atau kipas angin ke mata Anda.

Apa saja komplikasi mata kering?

Sindrom mata kering dapat menyebabkan beberapa komplikasi jika terus berlanjut. Meskipun orang dengan mata kering yang lebih ringan mungkin tidak mengalami efek jangka panjang, gejala yang parah dapat menyebabkan peradangan, infeksi, dan ulserasi pada permukaan kornea mata. Ulserasi seperti itu bisa menyakitkan dan mengakibatkan jaringan parut yang memengaruhi penglihatan orang tersebut.

Apa saja tanda dan gejala mata kering?

Seseorang dengan sindrom mata kering mungkin mengalami berbagai gejala, termasuk:

  • Perasaan kering pada mata
  • Perasaan berpasir atau sensasi benda asing
  • Gatal
  • Sakit mata
  • Mata merah
  • Sensasi menyengat atau terbakar pada mata
  • Debit atau lendir di dalam dan di sekitar mata (terutama lendir berserabut)
  • Kepekaan terhadap asap atau angin
  • Kepekaan terhadap cahaya dan layar digital
  • Kelelahan mata
  • Kesulitan menjaga kelopak mata tetap terbuka
  • Penglihatan kabur atau penglihatan ganda
  • Penyiraman mata
  • Ketidaknyamanan saat memakai lensa kontak
  • Kelopak mata saling menempel saat bangun tidur
  • Kerak di kelopak mata
  • Pembengkakan kelopak mata

Itulah beberapa gejala dan penyebab dari mata kering serta cara mengatasi mata kering yang terjadi pada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *