Akurat Tidak Menggunakan Test Covid Antigen ? 

Test covid antigen adalah alat skrining untuk membantu mendeteksi COVID-19 pada orang tanpa gejala COVID-19.

Tes antigen cepat melibatkan usap hidung (menggunakan cotton bud kecil) yang ditempatkan ke dalam larutan kimia. Hasilnya ditampilkan dalam 10 hingga 15 menit.

Manfaat tes antigen yaitu digunakan secara internasional dan termasuk di Indonesia selama beberapa waktu untuk menyaring karyawan untuk COVID-19 tanpa gejala.

Tes antigen cepat dapat dilakukan dengan mudah dengan hasil yang tersedia dalam beberapa menit. Namun, tes ini memiliki beberapa keterbatasan dibandingkan dengan tes COVID-19 standar (PCR) yang digunakan di klinik pengujian.

Tes COVID-19 ini mendeteksi protein tertentu dalam virus. Menggunakan usap hidung panjang untuk mendapatkan sampel cairan, beberapa tes antigen dapat memberikan hasil dalam beberapa menit. Orang lain mungkin dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Hasil tes antigen positif dianggap akurat ketika instruksi diikuti dengan hati-hati, tetapi ada kemungkinan peningkatan hasil negatif palsu  yang berarti mungkin terinfeksi virus tetapi memiliki hasil negatif. Tergantung pada situasinya, dokter dapat merekomendasikan tes PCR untuk mengkonfirmasi hasil tes antigen negatif.

Bagaimana cara kerja tes cepat antigen COVID-19?

Tes cepat COVID-19 adalah jenis tes diagnostik. Tes cepat biasanya mengukur antigen virus, yang merupakan zat yang memberi tahu tubuh Anda untuk menghasilkan respons imun terhadap infeksi. Antigen tidak sama dengan antibodi, yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh Anda sebagai respons terhadap sinyal dari antigen. Personil terlatih dalam berbagai pengaturan dapat melakukan tes antigen cepat COVID.

Jenis tes diagnostik lainnya adalah tes PCR, yang mendeteksi molekul materi genetik virus (RNA). Ini padat karya dan dilakukan di laboratorium terakreditasi. Tes molekuler adalah tes diagnostik standar untuk COVID, tetapi Anda mungkin harus menunggu beberapa hari atau lebih untuk mendapatkan hasilnya.

Ada jenis tes molekuler non-PCR lainnya untuk mendeteksi RNA virus corona, seringkali dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat. Salah satu tes yang digunakan untuk mendiagnosis infeksi virus corona aktif melibatkan LAMP (loop-mediated isothermal amplification). Ini adalah tes molekuler cepat, biasanya untuk digunakan dalam pengaturan klinis seperti rumah sakit atau panti jompo. Tes COVID-19 di rumah menggunakan LAMP baru-baru ini mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat (EUA) oleh FDA (Administrasi Makanan dan Obat), tersedia pada musim semi 2021.

Test covid antigen, antibodi, dan molekuler cepat disebut tes titik perawatan, di mana hasilnya dikembalikan pada saat sampel diambil, biasanya dalam waktu 15 menit.

Tingkat akurasi

Tes antigen cepat akan mendeteksi sebagian besar kasus COVID-19 tetapi tidak seakurat tes standar (PCR).

Jika Anda mengalami gejala atau diidentifikasi sebagai kontak dekat atau biasa dengan seseorang yang memiliki COVID-19, Anda harus menjalani tes di klinik dan mengisolasi diri.

Bagaimana pengujian antigen cepat berbeda dengan pengujian lainnya?

Ada dua jenis tes yang digunakan untuk mendeteksi COVID-19 – tes diagnostik dan skrining.

Tes antigen cepat adalah tes skrining yang digunakan untuk mengidentifikasi kasus positif secara potensial lebih awal untuk membantu mengurangi penyebaran virus dan mencegah wabah. Ketika digunakan secara teratur, tes antigen cepat membantu mengidentifikasi individu yang mungkin menular sejak dini. Individu dapat pra-gejala atau tanpa gejala tetapi masih membawa virus dan dapat menularkannya kepada orang lain.

Tes reaksi rantai polimerase (PCR) standar, adalah tes diagnostik, dan dapat memastikan apakah seseorang memiliki COVID-19, dengan hasil yang tersedia dalam waktu sekitar 24 jam. Tes ini mengambil sampel hidung dalam dan sampel tenggorokan dan diuji di laboratorium.

Tes covid antigen cepat positif tidak berarti Anda harus memiliki COVID-19, itu berarti Anda harus segera mendapatkan tes standar (PCR) untuk mengonfirmasi hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *