Benarkah Gerakan Yoga Berpasangan dapat Memperkuat Hubungan Anda?

Kini telah banyak orang yang melakukan olahraga yoga, baik yang dilakukan untuk menenangkan atau pun untuk mengencangkan tubuh dan Anda. Tidak sedikit pula orang yang melakukan yoga sebagai pelarian yang luar biasa dari pemicu stres dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan Anda. 

Dan, ternyata gerakan yoga pun dapat dilakukan berpasangan. Pun manfaat dari gerakan yoga berpasangan dikatakan dapat memperkuat hubungan Anda dengan pasangan. Benarkah demikian. Yuk, cek pada artikel berikut!

Latihan yoga berpasangan

Dikenal sebagai yoga pasangan, latihan ini memungkinkan dua orang untuk berhubungan satu sama lain melalui pose berbantuan. Dari meregangkan tingkat kepercayaan hingga memperkuat komunikasi Anda, yoga berpasangan dapat memiliki efek positif pada hubungan Anda. 

Julia Lehrman, psikoterpis berlisensi dan instruktur yoga bersertifikat yang mengajar di New York dan San Francisco mengatakan bahwa, “pengalaman yoga berpasangan dapat berfungsi sebagai ‘hiburan’ singkat untuk memperkuat hubungan Anda. Daripada hanya pergi ke kelas dan berlatih bersebelahan, yoga pasangan mengharuskan pasangan untuk benar-benar memperhatikan satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama”. 

Perkuat tubuh dan ikatan dengan manfaat gerakan yoga berpasangan

  1. Meningkatkan kepuasan hubungan

Hanya dengan mencoba kelas yoga berpasangan dengan pasangan Anda dapat membantu Anda merasa lebih puas dengan hubungan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang terlibat dalam aktivitas baru yang menantang bersama-sama dapat merasakan peningkatan pada keduanya, yaitu kualitas hubungan dan ketertarikan yang romantis. 

Selain itu, keintiman dan pose dalam gerakan yoga berpasangan dapat membantu memperbaharui dan menghidupkan kembali hubungan. Mempelajari keterampilan bersama memungkinkan pasangan untuk bersenang-senang sambil bersantai, menghabiskan waktu yang berkualitas, dan berbagi pengalaman yang berarti. 

  1. Meningkatkan keintiman dan kehidupan seks

Yoga pasangan juga dapat memabntu meningkatkan gairah dan kepuasan seksual. Sebuah studi dari Loyola University Health System menemukan bahwa partner yoga dapat membantu pasangan yang sedang berjuang dengan disfungsi seksual. 

Perlu Anda ketahui, yoga pasangan tidak bersifat seksual. Ini adalah bentuk yoga yang memanfaatkan dua orang untuk menyelaraskan pernapasan, postur, dan gerakan mereka. Namun, ini dapat meningkatkan keintiman karena membutuhkan tingkat kepercayaan, komunikasi, dan koneksi baru. 

Salah satu alasan yoga dapat meningkatkan kehidupan seks Anda adalah karena peningkatkan komunikasi melalui sentuhan dan gerakan. Dalam yoga pasangan, tindakan bergerak bersama dapat membantu pasangan merasa lebih sinkron. 

Selain itu, berlatih yoga dapat meningkatkan kualitas dorongan seks dan faktanya, beberapa terapis pasangan sekarang memasukkan yoga pasangan ke dalam sesi konseling mereka untuk membantu pasangan meningkatkan kehidupan seksual mereka dan menciptakan hubungan yang lebih kuat. 

  1. Meningkatkan komunikasi dan kepercayaan

Untuk membangun pose dalam sesi yoga pasangan, Anda harus mengandalkan dan bersandar pada pasangan Anda secara keseluruhan, serta terus berkomunikasi secara verbal dan nonverbal. Hal ini tentu membutuhkan kepercayaan, dukungan, dan yang terpenting kerentanan. 

Sentuhan fisik bisa menjadi bahasanya sendiri, cara untuk menyampaikan rasa memelihara dan mengekspresikan emosi yang dalam tanpa menggunakan kata-kata. Sentuhan manusia yang sadar dan konseksual memiliki kapasitas untuk menyampaikan kepada orang lain bahwa mereka terlihat, dihargai, diperhatikan, dicintai, diterima, dihargai, layak dan merasa aman. 

  1. Mengurangi kecemasan dan stres

Sementara sebagian besar latihan yoga membantu menurunkan stres dan mengurangi kecemasan, gerakan yoga berpasangan menawarkan bonus khusus kekuatan sentuhan pasangan Anda. 

Sebuauh penelitian dari Psychological Science menemukan bahwa, pasangan suami istri yang berpegangan tangan langsung merasakan kelegaan dari stres yang ekstrem. Genggaman tangan pasangan memberikan respon saraf yang lebih kuat daripada memegang tangan orang asing. Jadi, hanya pasangan Anda yang dapat mengurangi kecemasan dengan membantu mengurangi repson saraf terhadap stres. 

Selain itu, pose tertentu seperti backends dan Camel Pose dirancang untuk membantu membuka area tubuh tertentu. Ini dapat menciptakan ruang untuk energi baru dan melepaskan stres fisik dan emosional, ketegangan, dan rasa sakit. 

Jadi, manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan gerakan yoga adalah dapat melepaskan ketegangan, membangun kekuatan dan kelenturan, untuk fokus pada kesadaran, atau kombinasi dari semuanya. Nah, gerakan yoga berpasangan memiliki manfaat tambahan, yaitu untuk memperkuat hubungan Anda dan pasangan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *