Meski di Rumah Saja, Cara Membentuk Otot Lengan Ternyata Mudah Dilakukan

Meski di Rumah Saja, Cara Membentuk Otot Lengan Ternyata Mudah Dilakukan

Mau tampil lebih percaya diri dengan tubuh atletis? Anda harus tahu cara membentuk otot lengan untuk mendapatkan bentuk lengan idaman. Lengan merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik seseorang. Jika otot lengan kencang dan berotot, pastinya akan membuat tampilan seseorang menjadi lebih sempurna dan percaya diri. Jadi tidak heran jika berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk lengan yang indah.

Mau tahu bagaimana cara membentuk otot lengan yang bisa dilakukan di rumah? Simak ulasan berikut ini.

3 Cara Membentuk Otot Lengan di Rumah

Meskipun hanya di rumah saja, akan tetapi Anda tetap bisa melakukan gerakan latihan untuk membentuk otot lengan. Nah, berikut ini beberapa gerakan latihan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membentuk otot lengan yang kencang. 

1. Lateral Raise

Lateral raise merupakan gerakan latihan yang bertujuan untuk melatih otot lengan agar lebih kencang dan tidak bergelambir. Untuk melakukan gerakan ini Anda harus menyiapkan 2 buah dumbbell terlebih dahulu. Jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan botol yang diisi dengan air sebagai alat untuk latihan. Cara membentuk otot lengan dengan gerakan ini adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan posisi tegak dan lutut sedikit ditekuk
  • Gunakan dumbbell untuk masing-masing tangan dan biarkan menggantung di kedua sisi tubuh
  • Selanjutnya angkat dumbbell ke depan dada yang sejajar dengan bahu dan pertahankan beberapa saat
  • Turunkan kembali tangan secara perlahan
  • Lakukan gerakan lateral raise 

2. Push up

Push up masih menjadi salah satu gerakan paling mudah dan efektif sebagai cara membentuk otot lengan. Gerakan yang mudah dan tidak membutuhkan alat bantu membuat latihan ini bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah. Latihan ini menggunakan bobot tubuh untuk melatih otot lengan agar lebih kuat. Tidak hanya itu, jika dilakukan dengan benar, gerakan push up juga bisa membantu untuk membentuk otot perut, dada dan bokong. Untuk melakukannya gerakan push up dengan benar, ikuti cara berikut ini:

  • Berbaringlah di lantai dengan perut menghadap ke bawah
  • Posisi tangan sedikit lebih lebar dari bahu kemudian angkat tubuh ke atas hingga lengan terulur sepenuhnya
  • Tekuk lengan secara perlahan dan turunkan badan ke arah lantai secara perlahan
  • Sebelum perut menyentuh lantai, segera dorong tubuh kembali ke atas
  • Ulangi gerakan tersebut minimal sebanyak  3 set

3. Tricep Dips

Satu lagi gerakan mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk melatih otot lengan adalah tricep dips. Untuk melakukan gerakan ini, Anda membutuhkan peralatan bantuan yaitu bangku kemudian lakukan gerakan sebagai berikut:

  • Pegang bangku dengan posisi tangan berada di sisi pinggul
  • Tekuk kedua lutut hingga membentuk sudut 90 derajat dengan posisi kaki menginjak lantai
  • Tekuk siku lalu posisikan badan bagian bawah berjarak 5-7 cm dari lantai 
  • Angkat kembali tubuh ke posisi awal dan ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 kali

Cara membentuk otot lengan ternyata dapat dilakukan di rumah. Selain lebih hemat, olahraga di rumah juga lebih aman terutama di masa pandemi seperti saat ini. Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah untuk membantu melakukan berbagai gerakan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga meskipun di rumah saja bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *