Cara Membuat infus Minyak Melati Sederhana

Tanaman melati mungkin banyak ditemui di area sekitar tempat tinggal kita. Bahkan mungkin di rumah, Anda pun menanamnya. Selain wanginya yang menenangkan, tanaman melati juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Salah satunya dibuat minyak melati. Minyak melati kaya manfaat baik untuk tubuh, kulit, dan kepala. Jika Anda memiliki tanaman melati di pekarangan Anda, coba resep minyak melati infus atau minyak melati insfused oil berikut ini, yang bermanfaat bagi kulit, rambut, sekaligus memberi suasana hati yang baik.

Cara membuat minyak melati infused

Bahan Minyak Melati Infused:

  • 1 cangkir bunga melati segar, ditanam secara organik tanpa paparan bahan kimia dan polutan yang keras
  • 1 cangkir minyak jojoba (minyak almond atau minyak kelapa fraksinasi juga bisa digunakan)
  • 1 wadah kaca yang disterilkan dengan tutup kedap udara atau toples infus herba kaca dengan tabung saringan bawaan

Cara membuat minyak melati infused:

  • Petiklah bunga melati di pagi hari, ketika embun telah mengering, tetapi bunganya belum layu karena sinar matahari sore
  • Letakkan bunga di atas handuk dan biarkan hingga benar-benar kering, sekitar kurang lebih satu jam
  • Pastikan tidak ada partikel kotoran atau serangga pada bunga, gunakan sikat lembut bersih untuk membersihkan kotoran dengan lembut
  • Tambahkan 1 cangkir bunga dan 1 cangkir minyak jojoba ke dalam toples kaca dengan tutup kedap udara
  • Tempatkan toples di ambang jendela dan biarkan bunga meresap ke dalam minyak selama sekitar 2 minggu, kocok toples sekitar sekali sehari
  • Setelah sekitar dua minggu, gunakan penyaring kopi atau kain tipis untuk menyaring semua bunga dari minyak
  • Untuk aroma yang lebih kuat, lakukan infus ulang dengan mengambil minyak infus yang sama dan masukkan secangkir melati segar ke dalamnya dan infus selama dua minggu, lalu saring
  • Proses infus ulang ini dapat diulang sampai kekuatan aroma yang diinginkan tercapai
  • Simpan minyak infus melati dalam toples kaca tertutup
  • Oleskan sekitar 2 Sendok makan ke kulit dan rambut, atau tambahkan ke bak mandi spa Anda
  • Resep daoat bertahan setidaknya 6 bulan (selama semua bahan tanaman yang digunakan telah benar-benar kering dan bersih, dan minyaknya telah disegel dan disimpan dengan benar)

Manfaat Minyak Melati Infused

Minyak melati infused terbuat dari ekstrak bunga melati dan minyak pembawa seperti minyak jojoba, minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond. Pilihnya minyak pembawa yang cocok dengan kulit Anda dan besar manfaat daripada efek sampingnya untuk Anda. berikut beberapa manfaat minyak melati infused:

  • Manfaat tanaman melati

Melansir dari WebMD, bunga dari tanaman melati digunakan untuk membuat obat. Melati telah digunakan untuk penyakit hati (hepatitis), nyeri karena jaringan parut hati (sirosis), dan sakit perut karena diare parah (disentri). 

Bunga ini juga digunakan untuk mencegah stroke, memberikan relaksasi (sebagai obat penenang), untuk meningkatkan hasrat seksual (sebagai afrodisiak), dan dalam pengobatan kanker.

Beberapa juga menggunakan melati pada kulit untuk mengurangi jumlah susu payudara, penyakit kulit dan untuk mempercepat penyembuhan luka. Saat dihirup, melati dapat meningkatkan mood, mengurangi stres, dan mengurangi mengidam makanan.

  • Manfaat minyak pembawa

Ada beragam minyak pembawa yang bisa Anda gunakan. Jika Anda menggunakan jojoba oil, minyak ini  bersifat emolien, yang berarti dapat melembutkan dan menenangkan kulit. Menurut sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Research in Complementary Medicine, minyak jojoba dapat membantu dalam pengobatan jerawat. Minyak ini juga membantu dalam penyembuhan luka, perawatan kulit, dan perawatan rambut.

Kandungan vitamin, lemak dan antioksidan dalam minyak zaitun berkontribusi pada kulit untuk menjadikannya tampak lebih sehat. Kandungan tersebut bekerja melembabkan kulit dengan mengunci kelembapan, sedangkan antioksidannya dapat membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan.

Minyak kelapa mungkin akan membantu dalam meningkatkan kadar air pada kulit kering. Ini juga dapat meningkatkan fungsi kulit, membantu mencegah kehilangan air yang berlebihan dan melindungi Anda dari faktor eksternal, seperti agen infeksi, bahan kimia, dan allergen, serta melindungi rambut dari kerusakan.

Sedangkan untuk minyak almond dapat berfungsi sebagai pelembab baik untuk kulit dan rambut, serta dapat membantu mencegah stretch mark dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Minyak melati esensial bisa Anda temukan baik secara online dan offline. Anda juga membuat minyak melati infused sendiri di rumah dengan menggunakan bunga melati yang ada dipekarangan rumah dan dipadukan dengan minyak pembawa. 

Minyak melati memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kulit, dan rambut. tapi perhatikan dengan tepat penggunaannya serta hentikan bisa terjadi alergi. Temukan lebih banyak informasi seputar minyak melati di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ di App Store atau Play Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *