Cara Menghilangkan Bau di Ketiak dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bau di Ketiak

Semua orang tentu ingin menjaga tubuhnya tetap segar dan beraroma sedap sepanjang hari. Bau ketiak akan mengganggu aktivitas Anda karena menyebabkan rasa tidak percaya diri. Tapi, hal ini bisa Anda atasi dengan cara menghilangkan bau di ketiak.

Untuk bisa mengatasi bau pada ketiak, Anda perlu terlebih dahulu memahami apa yang menyebabkan ketiak mengeluarkan aroma tak sedap. Dengan begitu, upaya yang Anda lakukan untuk mengatasinya pun akan semakin efektif. 

Penyebab bau di ketiak

Pada dasarnya, tubuh Anda dipenuhi dengan kelenjar keringat. Keringat memiliki fungsi penting untuk membantu Anda mendinginkan tubuh.

Kelenjar keringat yang ada pada area ketiak disebut dengan kelanjar apokrin. Jenis kelenjar ini terdapat pada area tubuh yang ditumbuhi rambut. 

Kelenjar apokrin bekerja di bawah tekanan, dengan mengeluaran cairan tak berbau. Akan tetapi, ketika cairan mulai bersentuhan dengan bakteri yang menempel di kulit Anda, cairan ini akan menimbulkan bau.

Biasanya, kelenjar ini mulai bekerja ketika anak memasuki masa pubertas. Karena itu, Anda mungkin tidak bisa mencium bau ketiak pada anak-anak.

Cara menghilangkan bau di ketiak

Kemunculan bau di ketiak adalah hal yang wajar. Akan tetapi, Anda mungkin tetap ingin menghilangkannya karena menimbulkan ketidaknyamanan.

Ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan munculnya bau. Berikut ini cara menghilangkan bau di ketiak:

  • Mandi secara teratur

Bau ketiak bisa muncul karena cairan keringat terkena bakteri pada tubuh. Bakteri akan semakin banyak ketika Anda jarang mandi.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mandi secara teratur jika ingin menghilangkan bau di ketiak. Kemudian, setelah mandi, segera ganti pakaian Anda ke pakaian yang bersih.

  • Mencuci baju secara teratur

Bukan hanya tubuh Anda saja yang harus rajin dibersihkan. Pakaian yang Anda kenakan pun juga harus dibersihkan secara teratur, khususnya jika sudah terkena keringat.

Memakai kembali pakaian yang sudah kotor hanya akan menimbulkan penumpukan bakteri. Meski sudah mandi pun, tubuh Anda akan kembali menjadi kotor, sehingga menimbulkan bau ketiak ketika berkeringat.

  • Menghindari makanan pedas

Percaya atau tidak, makanan pedas juga berkontribusi dalam menyebabkan bau tak sedap di tubuh. Karena itu, salah satu cara menghilangkan bau di ketiak adalah dengan menghindari makanan pedas.

Makan pedas berpotensi membuat keringat yang dikeluarkan oleh tubuh menjadi lebih berbau dan menyengat. Bila terkena dengan bakteri pada kulit, bau tak sedap ini tentu akan semakin parah.

  • Menggunakan deodoran

Deodoran adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bau di ketiak. Sayangnya, tidak semua deodoran memiliki kandungan yang cocok untuk tubuh Anda. 

Anda mungkin perlu melakukan eksperimen beberapa kali terhadap deodoran yang berbeda-beda. Setelah itu, barulah Anda bisa mengetahui jenis deodoran mana yang paling efektif sebagai cara menghilangkan bau di ketiak Anda. 

  • Kenakan pakaian yang longgar

Pakaian yang ketat semakin meningkatkan risiko aroma tak sedap di tubuh, khususnya di area ketiak. Sebaiknya, kenakan pakaian yang longgar agar bau tidak semakin menyengat.

Pilihlan pakaian dengan bahan katun, linen, dan campuran. Bahan-bahan ini mampu menyerap kelembaban, sehingga tubuh Anda tetap dingin dan bisa bernapas dengan baik.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau di ketiak yang bisa Anda coba. Ingatlah untuk selalu memperhatikan aroma tubuh Anda dengan menjaga kebersihan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *