Cara Terhindar dari Stroke Tanpa Konsumsi Lixiana

Lixiana adalah obat berbentuk tablet yang dapat Anda gunakan ketika mengalami masalah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke.

Obat produksi Kalbe Farma juga praktis dikonsumsi bahkan oleh lanjut usia tanpa harus menurunkan dosis.

Perlu diketahui, stroke yang terjadi akibat penggumpalan darah ini merupakan salah satu penyakit kronis yang belakangan menyerang orang-orang di usia muda.

Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan saraf bahkan kematian. Mengonsumsi obat antipenggumpalan darah merupakan cara praktis meskipun obat ini tidak bisa lepas dari efek samping pada tubuh. Apalagi obat merupakan obat keras sehingga tidak bisa sembarangan dikonsumsi.

Supaya Anda terbebas dari gejala penyakit stroke dan keharusan mengonsumsi obat, Anda sebenarnya hanya perlu melakukan pencegahan seperti di bawah ini!

Mengetahui faktor risiko stroke

Faktor risiko merupakan salah satu penyebab Anda rentan terkena stroke. Dengan mengetahui faktor risiko ini, Anda bisa melakukan pencegahan seperti yang disarankan dokter setelah didiagnosis.

Adapun faktor risiko seseorang rentan terkena stroke adalah pernah mengalami stroke sebelumnya, hipertensi, punya penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, merokok,  gaya hidup yang tidak sehat, usia, jenis kelamin, rasa, dan faktor genetik

Rutin cek tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya stroke. Apabila demikian Anda disarankan untuk rutin mengecek tekanan darah.

Apabila tekanan darah Anda di atas 140/90, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan minum obat terapi yang dapat menurunkan angka kejadian stroke sebesar 35-44%.

Cek jantung

Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit jantung atau tidak sama sekali.

Biasanya penyakit ini diawali dengan gejala-gejala dada terasa berdebar-debar, irama jantung tidak beraturan, mudah lelah setelah beraktivitas, dan dada kiri terasa sakit yang menjalar pada bahu dan punggung kiri.

Kontrol diabetes

Mengontrol diabetes atau penyakit kencing manis yang disebabkan naiknya kadar gula darah dalam tubuh juga perlu bagi Anda yang ingin mencegah stroke.

Caranya adalah dengan melakukan diet rendah karbohidrat, olahraga, dan konsumsi antidiabetes. Selain itu, jangan lupa untuk rutin mengecek kadar gula darah. Dengan begini Anda tidak perlu repot minum Lixiana.

Turunkan kolestrol

Sebenarnya cara ini cukup mudah dilakukan jika Anda benar-benar berniat mencegah stroke. Caranya adalah dengan mengatur pola makan, perbanyak konsumsi makanan rendah lemak, sayur, dan buah.

Selain itu, Anda perlu berolahraga supaya efektif menurunkan kolestrol, dan minum obat penurun kolesterol jika diperlukan.

Berhenti merokok

Menghentikan aktivitas merokok juga merupakan salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari stroke.

Diketahui merokok dapat mempercepat penggumpalan dan pengentalan darah yang menyebabkan stroke.

Untuk bisa menghentikan merokok ini memang sulit dan butuh motivasi kuat dari diri sendiri dan lingkungan namun jika Anda niat, pasti bisa dilakukan.

Kurangi stres dan rajinlah berolahraga

Stres akibat tekanan dalam kehidupan juga berkontribusi besar dalam menimbulkan stroke pada diri Anda.

Stres yang ada bisa memengaruhi kondisi tubuh sehingga Anda dapat dengan mudah terserang stroke.

Karena itu, Anda perlu berpikir positif terhadap segala sesuatu serta melakukan relaksasi yang bisa Anda lakukan melalui yoga, meditasi, dan berolahraga.

Olahraga selain sebagai media relaksasi juga akan membuat diri Anda bugar selalu, dan Anda tidak akan mudah terserang penyakit termasuk stroke sehingga tidak perlu repot meminum Lixiana hanya untuk mencegah penggumpalan darah akibat penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *