Caregiver dan Perawat: Seperti Apa Perbedaannya?

Pernahkah Anda mendengar istilah caregiver? Mungkin Anda akan mengaitkannya dengan pekerjaan serupa dengan perawat. Memang, secara garis besar, tugas caregiver adalah merawat dan mengasuh orang lain. Caregiver memiliki kemampuan khusus untuk memberikan bantuan dan perhatian terhadap yang membutuhkan. Banyak orang yang menghubungkan jasa perawatan ini untuk kelompok usia senior atau lansia (lanjut usia).

perawat

Mengingat bahwa kelompok lansia mengalami penurunan kemampuan fisik dan mental akibat pertambahan usia. Kondisi tersebut cukup menghambat mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Belum lagi, jika terdapat individu yang mengalami penyakit tertentu. Hal ini tentu akan memperburuk kemampuan fisik dan mental orang yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kelompok lansia membutuhkan perawatan dan perhatian khusus yang sering kali tidak dapat diberikan oleh anggota keluarga di usia produktif. Memilih jasa seorang caregiver merupakan solusi bagi mereka untuk memberikan perhatian ekstra terhadap orang yang disayangi.

Apa saja fungsi caregiver?

Lalu, apa saja fungsi yang diberikan oleh caregiver? Adanya caregiver, berarti beban pasien dan keluarga pasien dapat diringankan, terutama dalam membantu aktivitas sehari-hari secara normal dan lancar. 

Tidak hanya untuk kelompok lansia, namun jasa caregiver juga ditujukkan bagi seseorang yang memiliki keterbatasan tertentu, seperti adanya gangguan kesehatan fisik maupun mental. Nantinya, caregiver akan membantu pasien untuk menjaga kondisi kesehatan fisik dan kestabilan emosional pasien sehari-hari. Peran caregiver dapat membantu para lansia untuk tetap berada di tengah keluarga, tanpa perlu menghabiskan masa tuanya di panti jompo.

Caregiver dan perawat medis: apa perbedaannya?

Beberapa orang menyebut caregiver adalah perawat atau pengasuh. Tidak jarang, caregiver juga sering kali dipanggil suster. Tidak heran, mengapa sebagian orang tidak begitu mengerti mengenai perbedaan antara caregiver dan perawat medis di rumah sakit.

Terdapat perbedaan mendasar antara caregiver dan perawat medis di rumah sakit, yaitu:

  • Perawat medis bertugas untuk memberikan perawatan pada pasien sesuai dengan instruksi dari dokter.
  • Perawat medis hanya diperbolehkan bertugas di rumah pasien selama beberapa jam dalam satu minggu.
  • Perawat medis adalah perawat yang memiliki lisensi khusus untuk memberikan perawatan medis terampil pada pasien, baik perawatan di rumah sakit maupun home care atau perawatan di rumah.
  • Seseorang yang ingin bekerja sebagai perawat medis perlu lulus pendidikan keperawatan terlebih dulu, lalu melakukan kerja praktik, hingga akhirnya memiliki sertifikat dan ijazah resmi yang menggaransi kemampuan dan keahliannya.
  • Caregiver berperan dalam memberikan bantuan dan perhatian terhadap pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Caregiver umumnya memiliki ikatan emosional yang lebih kuat dengan klien, karena sudah terbiasa menghabiskan waktu bersama sehari-hari sebagai teman maupun perawat yang membantu urusan keseharian pasien.
  • Caregiver tidak melakukan perawatan medis seperti yang dilakukan oleh perawat medis yang telah mengantongi sertifikat.
  • Caregiver memberikan perawatan harian sesuai dengan kebutuhan pasien disertai dengan perawatan khusus yang diberikan ketika melakukan pelatihan.

Mengenai kualifikasi dari seorang caregiver umumnya tidak begitu ketat seperti kualifikasi perawat medis. Seorang caregiver bisa saja adalah individu yang telah menamatkan pendidikan keperawatan, pendidikan kesehatan, maupun menjalani pelatihan profesi dalam jangka waktu tertentu. Hal yang paling penting, yaitu caregiver harus memiliki rasa peduli yang besar terhadap pasien.
Itu dia sedikit informasi mengenai perbedaan caregiver dengan perawat medis yang hingga saat ini masih banyak orang salah kira. Semoga bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *