Fobia, Apa Ketakutan Terbesarmu?

Pernahkah Anda merasa ketakutan yang berlebihan atas sesuatu? Misalnya saja, saat Anda melihat suatu binatang Anda akan merasa takut yang berlebihan hingga merasa ingin lari menjauh dari binatang atau benda tersebut. Hal tersebut biasanya disebut dengan fobia.

Biasanya ketakutan tersebut terjadi karena adanya trauma ataupun pernah mengalami hal tidak menyenangkan dengan benda atau binatang yang menyebabkan Anda takut. Lalu, apa saja jenis fobia Anda? Berikut beberapa jenis fobia yang perlu Anda ketahui.

Apa itu fobia?

Fobia adalah ketakutan yang tidak normal atau berlebihan terhadap suatu aktivitas, situasi, atau suatu hal. Ketakutan tersebut biasanya terjadi begitu buruk sehingga membatasi aktvitas dan kehidupan seseorang.

Ketika seseorang mengalami fobia, mereka akan mengalami ketakutan yang intens terhadap objek atau situasi tertentu. Fobia berbeda dengan ketakutan biasa karena menyebabkan tekanan yang signifikan, yang mungkin mengganggu kehidupan di rumah, tempat kerja, atau sekolah.

Dan, umumnya, orang yang takut akan sesuatu akan menghindari objek atau situasi fobia tersebut atau menahannya dalam ketakutan atau kecemasan tertentu. Fobia adalah salah satu jenis gangguan kecemasan yang umum terjadi. Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder, Fifth Edition (DSM-5), fobia spesifik biasanya termasuk dalam lima kategori umum:

  • Ketakutan yang berhubungan dengan binatang (laba-laba, anjing, serangga)
  • Ketakutan terkait dengan lingkungan alam (ketinggian, petir, kegelapan)
  • Ketakutan yang berhubungan dengan darah, cedera, atau masalah medis (suntikan, patah tulang, atau jatuh)
  • Ketakutan yang terkait dengan situasi tertentu (terbang, naik lift, mengemudi)
  • Lainnya (tersendak, suara keras, tenggelam).

Jenis fobia

Ketakutan yang terkait dengan fobia jauh lebih besar daripada yang disebabkan oleh stres atau kekhawatiran. Ada banyak jenis fobia yang ada di dunia ini, termasuk beberapa jenis yang telah dijelaskan di atas. Nah, berikut beberapa informasi tentang jenis fobia yang paling umum.

  1. Fobia sosial

Fobia sosial adalah ketakutan ekstrim terhadap situasi sosial seperti berbicara di depan umum dan berinteraksi dengan orang lain. Ketakutan bisa menjadi sangat ekstrim sehingga dapat mempengaruhi hubungan seseorang dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Orang dengan ketakutan sosial ini biasanya disebut dengan gangguan kecemasan sosial.

  • Agoraphobia

Orang yang menderita agoraphobia adalah memiliki rasa takut yang berlebihan berada di ruang terbuka atau berada di mana saja yang tidak dapat mereka tinggalkan dengan mudah. Mereka yang menderita ketakutan ini sering merasa khawatir tentang rasa malu saat berada di depan orang lain. Ada banyak penyebab dari agrophobia, tetapi umumnya hal ini terjadi karena komponen genetik atau dapat diturunkan dalam satu keluarga.

  • Claustrophobia

Claustrophobia adalah jenis fobia umum di mana ketakutan akan ruang tertutup atau terjebak dalam suatu ruangan. Orang dengan claustrophobia mungkin takut berada di area terbatas seperti lift atau terowongan.

  • Zoophobia

Zoohobia adalah jenis ketakutan pada binatang dan serangga. Fobia ini mungkin mengacu pada ketalutan terhadap lebah (apiphobia), laba-laba (arachnophobia), burung (ornithophobia), dan kenis makhluk lainnya.

  • Acrophobia

Ketakutan akan ketinggian ini dikenal sebagai akrofobia. Meksi tidak ada ancaman nyata dari ketinggian, namun orang dengan fobia ini dapat mengalami kecemasan yang parah.

  • Aerophobia

Takut terbang disebut dengan aerophobia. Mereka yang kehilangan anggota keluarga karena kecelakaan pesawat atau pernah menyaksikan kecelakaan atau kecelakaan pesawat dapat mengembangkan fobia tersebut, tetapi orang lain yang tidak pernah mengalami trauma saat terbang mungkin masih mengalami aerofobia. Fobia tetap ada meski terbang dalam keadaan aman.

  • Fobia suntikan darah

Fobia suntikan adalah fobia yang meliputi ketakutan akan darah, cedera, dan mendapatkan suntikan atau menjalani prosedur medis lainnya. Fobia darah dikenal sebagai hemofobia. Ketakutan mendapatkan suntikan ini disebut aichmophobia atau trypanophobia.

 Tanda dan gejala fobia

Gejala fobia yang biasanya terjadi adalah:

  • Panik
  • Merasa diteror
  • Ketakutan yang berlebihan
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Kesulitan bernapas
  • Berkeringat
  • Perasaan ingin melarikan diri
  • Gemetar

Orang dengam fobia sering kali mengetahui bahwa ketakutan mereka tidak sebanding dengan ancaman atau bahaya sebenarnya. Tidak jarang seseorang yang memiliki fobia berusaha keras untuk menghindari atau melarikan diri dari situasi fobia tersebut.

Umumnya, fobia dapat diobati dengan terapi ataupun pengobatan dengan obat. Pengobatan yang efektif untuk fobia yang spesifik adalah jenis pdsikoterapi yang disebut terapi eksposure. Jadi selama terapi Anda akan bekerja dengan psikolog untukmempelajari cara mengurangi kepekaan diri Anda terhadap objek atau siatuasi yang Anda takuti.

Jadi, jika fobia Anda sudah semakin mengganggu aktivitas ataupun kegiatan sehari-hari, ada baiknya untuk mengunjungi psikolog Anda untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *