Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Perawatan Wajah

perawatan wajah

Setiap orang dianjurkan untuk melakukan perawatan wajah secara rutin guna memelihara kondisi kulit wajah yang sehat. Pemakaian produk perawatan atau skin care pun saat ini semakin populer. 

Ada banyak sekali brand-brand yang mengeluarkan berbagai macam produk perawatan kulit. Setiap produk itu juga diciptakan dengan tujuan yang berbeda-beda, serta memiliki fungsi yang beragam pula.

Apa yang boleh dilakukan ketika menggunakan perawatan wajah?

Karena tren perawatan kulit semakin populer, kini Anda semakin mudah mengakses informasi mengenai cara tepat merawat kulit. Hanya saja, perlu diketahui bahwa tidak semua informasi tersebut adalah informasi yang benar. 

Dalam merawat kulit, sebaiknya ketahui lebih dulu apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Berikut ini hal-hal yang boleh atau bahkan dianjurkan untuk Anda terapkan: 

  • Melakukan double cleansing

Double cleansing adalah istilah untuk proses pembersihkan wajah yang lebih dari satu kali saja. Karena lebih dari satu kali, proses double cleansing ini juga dilakukan dengan memakai dua produk yang berbeda.

Misalnya, pertama-tama Anda memakai cleansing balm terlebih dahulu, setelah itu baru mencuci muka dengan sabun wajah. Ini adalah langkah yang diperbolehkan untuk dilakukan, karena bisa memaksimalkan proses pembersihan wajah Anda. 

  • Memakai moisturizer

Moisturizer atau pelembab merupakan salah satu produk perawatan wajah yang paling dasar. Apapun rangkaian perawatan Anda, Anda harus selalu melibatkan pemakaian pelembab di dalam rangkaian tersebut. 

Moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembaban di kulit Anda. Kulit yang lembab akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Jika kulit Anda cenderung berminyak, pakailah produk pelembab yang memang dikhususkan untuk jenis kulit Anda. 

  • Tidak mengabaikan sunscreen

Kata siapa sunscreen hanya perlu dipakai ketika akan beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama? Setiap hari, Anda harus memakai sunscreen sebagai salah satu rangkaian perawatan wajah Anda, baik ketika akan beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari berlebih rentan menyebabkan berbagai kondisi kulit. Ketika Anda berada di dalam ruangan pun, sinar matahari masih bisa masuk melalui celah-celah pintu dan jendela dan mengenai kulit Anda. 

Perawatan kulit yang sebaiknya dihindari

Ketahuilah bahwa tidak semua informasi perawatan wajah yang beredar di internet baik untuk diterapkan. Ada beberapa upaya perawatan yang sebaiknya Anda hindari, seperti: 

  • Menggunakan odol sebagai obat jerawat

Banyak orang beranggapan bahwa odol atau pasta gigi baik untuk mengobati jerawat. Memang, pasta gigi diformulasikan dengan berbagai kandungan yang mampu membunuh bakteri. Akan tetapi, odol juga bisa menyerap minyak di wajah secara berlebih, membuat kulit Anda menjadi rentan terhadap iritasi.

  • Memakai baking soda 

Ada juga yang mengira bahwa baking soda baik digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Padahal, pemakaian baking soda justru bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit yang kering bisa membuat kulit Anda menjadi lebih rentan terhadap masalah kulit. 

Pelajarilah dengan baik mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika melakukan perawatan kulit. Lakukan riset secara mendalam agar tidak keliru.

Kalau perlu, Anda bisa juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui bagaimana langkah perawatan wajah yang sebaiknya dianjurkan. Jangan sampai, pengetahuan yang salah membuat kulit Anda malah semakin rusak dan bermasalah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *