Ini 5 Penyebab Diare pada Bayi

Bayi yang mengalami mencret lebih dari 3 kali dalam sehari bisa disebut sedang mengalami diare. Penanganan diare pada bayi bisa disesuaikan dengan penyebabnya agar lebih efektif. Berikut ini 5 penyebab diare pada bayi yang sering terjadi.

  • Infeksi

Infeksi menjadi jadi salah satu penyebab diare pada bayi. Perlu Anda tahu, infeksi dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit. Bayi dapat mengalami infeksi akibat penularan ataupun kontak langsung dengan anak lain yang terinfeksi karena bertukar mainan ataupun barang-barang dengan anak lain. Infeksi virus rotavirus merupakan infeksi yang paling sering terjadi dalam kasus diare pada bayi. Jika karena virus, maka bayi tidak memerlukan antibiotik. Asupan cairan merupakan hal utama yang dibutuhkan untuk menjaga kebutuhan cairan bayi agar tidak mengalami dehidrasi.

  • Kebiasaan

Bayi kerap memasukan jari atau benda lain ke dalam mulut sehingga dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam sistem pencernaan bayi. Hal ini dapat dicegah dengan memastikan lingkungan di sekitar bayi berada dalam keadaan yang bersih dan sehat. Mainan dan perlengkapan bayi pun perlengkapan bayi yang sering digunakan juga perlu diperhatikan kebersihannya. Seringkali mainan yang jatuh tidak dibersihkan terlebih dahulu dan langsung diberikan kembali pada bayi. Hal ini tentu dapat membuat bayi berisiko terkena diare.

  • Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab diare selain infeksi. Bayi yang alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab diare. Biasanya diare akibat dari alergi muncul dalam hitungan jam setelah pemberian makanan atau obat. Cara yang paling efektif untuk menghentikan diare akibat alergi adalah dengan berhenti membersihkan makanan atau obat tersebut. Jika alergi tersebut diakibatkan oleh obat, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang memberikan obat tersebut agar diberikan obat pengganti lainnya.

  • Jus buah

Sistem pencernaan bayi juga masih berkembang dan belum sempurna. Berbeda dengan orang dewasa, minum juga buah tertentu dapat menyehatkan. Namun, pada bayi minum terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare.

  • Keracunan makanan

Keracunan makanan menjadi penyebab lainnya diare pada bayi. Selain diare biasanya keracunan makanan juga dapat disertai dengan muntah-muntah. Segera bawa bayi ke dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *