Jangan Asal Pilih, Begini Cara Tepat Memilih Tas Olahraga 

Ketika berolahraga, Anda tentu menggunakan tas olahraga untuk menampung perlengkapan olahraga yang Anda butuhkan. Sebenarnya, bukan cuma untuk membawa peralatan olaraga, tas ini juga penting untuk mendukung kegiatan olahraga yang lebih optimal.

Karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak sembarang dalam memilih tas olahraga. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli tas untuk olahraga, mulai dari ukuran, bahan yang digunakan, ketebalan, dan lain-lain.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tas olahraga?

Agar aktivitas olahraga Anda menjadi lebih optimal, Anda perlu berhati-hati dalam memilih tas olahraga untuk digunakan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli tas ini, yaitu:

  • Fungsi tas

Tas olahraga tentunya memiliki fungsi untuk membawa peralatan olahraga. Tapi, selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan fungsi lain yang Anda perlukan. Apakah Anda lebih mengutamakan fungsinya yang praktis, atau mampu menampung benda berat?

Jika Anda memerlukan tas yang praktis, mungkin akan lebih tepat jika Anda menggunakan tas ransel atau tas pinggang. Tapi, jika Anda memprioritaskan kapasitas tas, maka pilihlah tas yang berukuran lebih besar. 

  • Perbandingan dengan jenis tas lainnya

Ada banyak sekali pilihan tas untuk olahraga yang tersedia dengan berbagai model. Sebelum menentukan pilihan, coba bandingkan satu tas dengan tas lainnya.

Dengan melakukan perbandingan, Anda bisa menilai mana tas yang paling berkualitas dengan harga yang paling terjangkau. Sambil membandingkan, tetap pertimbangkan fungsi yang ingin Anda dapatkan dari tas tersebut.

  • Bahan pembuatan tas

Hal ini mungkin tampak sepele, tapi sebenarnya cukup krusial dalam pemilihan tas untuk olahraga. Bahan pembuatan tas akan menentukan bagaimana kualitas dan daya tahan dari tas tersebut. 

Oleh sebab itu, hal ini juga tidak boleh luput dari pertimbangan Anda sebelum membeli. Sesuaikan bahan tas dengan kebutuhan Anda, misalnya tas dengan bahan tahan air, tas dengan bahan yang mudah dibersihkan tanpa harus dicuci, dan lain sebagainya.

Rekomendasi material tas olahraga yang bagus

Ada beberapa pilihan material tas yang berkualitas. Anda bisa memilih material yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa jenis materialnya:

  • Cotton canvas 

Tas berbahan cotton canvas sedikit lebih berat dari bahan lainnya dan lebih cepat kotor.  Namun, bahan ini membuat tas menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, harga tas berbahan ini juga cenderung lebih terjangkau. 

Biasanya, tas berbahan cotton canvas hadir dalam bentuk tas ransel dan tote bag

  • Kulit

Bahan kulit banyak digunakan sebagai material tas, termasuk tas olahraga. Jika Anda membeli tas berbahan kulit asli, biasanya daya tahannya akan lebih lama, sehingga awet untuk digunakan.

Namun, bahan kulit juga memiliki kekurangan, yaitu beratnya. Dibandingkan dengan bahan lainnya, bahan ini cenderung lebih berat, dan akan bertambah berat ketika Anda menyimpan peralatan olahraga yang berat di dalamnya.

  • Denim 

Bahan denim juga banyak digunakan dalam tas olahraga. Biasanya, tas berbahan denim hadir dalam bentuk ransel maupun tote bag.

Tas berbahan denim banyak disukai karena dianggap lebih stylish. Bahan ini cocok digunakan jika Anda menginginkan tas olahraga yang bukan hanya bermanfaat, tetapi juga bisa melengkapi gaya berpakaian Anda. 

Masih ada banyak pilihan material untuk tas olahraga lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Ingatlah untuk mempertimbangkan kebutuhan utama Anda ketika akan membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *