Ketahui, Ini 13 Penyebab Payudara Terasa Gatal

Payudara terasa gatal seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Meski sebenarnya, Anda tidak perlu mencemaskan gatal pada payudara karena sebagian besar merupakan hal yang normal.

Namun, bukan berarti Anda menyepelekan puting gatal. Jika terlalu sering terjadi, gatal juga bisa menjadi penyebab gejala penyakit. Perlu berhati-hati, tapi tak perlu panik juga karena tidak melulu puting gatal selalu dikaitkan dengan penyakit serius itu.

Berikut adalah beberapa alasan umum payudara terasa gatal:

1. Tidak mencuci bra

Anda mungkin memiliki satu atau dua bra yang Anda kenakan lebih sering, dan Anda mungkin hampir tidak pernah mencucinya. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan masalah pada payudara Anda. 

Pakaian kotor, termasuk pakaian dalam, seringkali memiliki bakteri yang dapat mengiritasi kulit sehingga membuat payudara terasa gatal. Jika Anda tidak menjaga kebersihan dengan mencuci pakaian, maka dapat menyebabkan infeksi .

2. Terpapar sinar matahari

Jika Anda baru-baru ini bertelanjang dada di luar ruangan, entah itu di pantai atau di halaman belakang rumah, ini bisa menjadi masalah Anda. 

Kulit payudara Anda sensitif dan mudah terbakar , terutama karena biasanya tidak terpapar sinar matahari. Bersamaan dengan efek samping yang menyenangkan seperti pengelupasan , sengatan matahari dapat menyebabkan rasa gatal yang hebat karena iritasi kulit.

3. Ruam panas

Ruam panas biasanya terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kulit Anda, menghalangi pori-pori Anda.

Ruam panas yang terjadi di dada juga dapat menyebabkan payudara terasa gatal. Saat payudara menjadi terlalu panas dan mulai berkeringat, kulit payudara bisa menjadi iritasi, merah, dan gatal,. 

4. Iritasi akibat sabun atau deterjen 

Dermatitis kontak adalah reaksi alergi yang dapat terjadi ketika kulit Anda terpapar sesuatu yang tidak disukainya, dan rasa gatal adalah salah satu penyebab utamanya.

Jika Anda mencuci pakaian dengan detergen biasa atau mengeringkannya dengan seprai pengering, kemungkinan payudara Anda akan keropos dan menjadi gatal. Wangi khususnya sering menjadi penyebab di balik dermatitis kontak alergi, terutama jika Anda sensitif kulit .

Hal yang sama berlaku untuk handuk, seprai jika Anda tidur dengan telanjang, dan pada dasarnya apa pun yang dapat bersentuhan dengan dada Anda, termasuk sabun mandi Anda. 

5. Menderita eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan kering dan gatal yang dapat muncul sebagai ruam bersisik.. Meskipun biasanya memengaruhi area seperti punggung lutut dan lekukan siku, ini juga dapat memengaruhi payudara Anda. 

Jika Anda pernah mengalami payudara terasa gatal untuk sementara waktu dan Anda tidak tahu mengapa, eksim bisa menjadi penyebabnya.

6. Menderita psoriasis

Ada banyak jenis psoriasis, tetapi psoriasis plak adalah yang paling umum. Dengan kondisi ini, sel-sel kulit menumpuk dan membentuk bercak kering, bersisik, dan gatal yang disebut plak, biasanya di area seperti siku, lutut, punggung bawah, dan kulit kepala. 

Sayangnya, seperti eksim, psoriasis juga dapat muncul di atau di bawah payudara Anda. 

7. Kulit sensitif

Bra dibuat dengan berbagai jenis kain, dan beberapa versi dapat menyebabkan iritasi parah pada payudara Anda. 

Kain sintetis, poliester, dan lateks sebagai beberapa penyebab iritasi utama hingga menjadikan payudara terasa gatal. Ini adalah penyebab potensial lain yang harus diperhatikan secara khusus jika Anda memiliki kulit sensitif yang memprotes sedikit pun kain tertentu.

8. Infeksi jamur di bawah payudara 

Infeksi jamur sebenarnya cukup umum terjadi di bawah payudara juga. Kelembapan dapat terperangkap di bawah sana, menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan jamur, yang dapat menyebabkan payudara terasa gatal.

Payudara yang gatal akibat kondisi ini, dapat diobati menggunakan salep antijamur yang bisa Anda beli dengan bebas di apotek.  

9. Kulit kering

Penyebab payudara terasa gatal yang satu ini adalah salah satu yang paling sering terjadi. Kulit yang kering, juga akan menyebabkan iritasi pada payudara serta membuat kulit menjadi terlihat sedikit mengelupas.

Beberapa orang memang memiliki kulit kering. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan pelembab dan sunblock. Simpan pelembap Anda di kulkas, sehingga saat waktunya dioleskan, kulit akan terasa dingin dan rasa gatal akan berkurang.

10. Hamil, baru melahirkan, atau sedang menyusui

Kehamilan, memiliki bayi, dan menyusui semuanya dapat memicu perubahan payudara yang cukup besar yang dapat menyebabkan payudara terasa gatal dan puting gatal.

Perubahan itu dapat menyebabkan stretch mark, yang Dapat menyebabkan gatal pada beberapa orang saat terbentuk. Dan proses menyusui secara khusus dapat menyebabkan puting Anda menjadi kering dan teriritasi sehingga membuat gatal.

11. Menderita hipotiroidisme

Hypothyroidism (tiroid kurang aktif) adalah ketika kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon untuk menjaga tubuh Anda berjalan lancar.

Pada dasarnya tiroid mengatur metabolisme tubuh Anda. Tiroid yang kurang aktif dapat menyebabkan kulit kering yang dapat menyebabkan payudara terasa gatal, selain banyak gejala lain seperti kelelahan, sembelit, rambut menipis, dan detak jantung yang lebih lambat.

12. Sedang minum obat yang menyebabkan kulit gatal

Begitu banyak obat datang dengan daftar panjang efek samping, dan kulit gatal bisa menjadi salah satunya. Ini dapat mencakup hal-hal seperti obat tekanan darah atau bahkan aspirin.

13. Gejala kanker

Meski sangat jarang terjadi, payudara terasa gatal bisa jadi merupakan kanker payudara inflamasi, bentuk penyakit langka namun agresif yang menyerang dermis kulit Anda (lapisan kulit yang terletak di bawah epidermis Anda, lapisan luar kulit).

Kanker payudara inflamasi juga biasanya memiliki gejala lain seperti:

  • ruam;
  • kulit merah
  • kulit meradang yang terasa panas saat disentuh 

Mencegah Payudara terasa Gatal

Payudara terasa gatal sebagian besar memang bukanlah masalah serius, tetapi bisa dicegah dalam beberapa kasus. Beberapa cara agar terhindar dari payudara terasa gatal diantaranya:

  • cuci bra secara teratur
  • menjauhkan produk beraroma dari payudara Anda akan membantu menurunkan kemungkinan payudara gatal akan terjadi pada Anda
  • melembabkan payudara Anda bersama dengan bagian tubuh lainnya 
  • melindungi kulit yang terpapar sinar matahari dengan tabir surya yang memiliki setidaknya SPF 30 
  • Untuk mencegah pertumbuhan jamur di sekitar payudara, gunakanlah bra yang terbuat dari bahan yang ringan seperti katun. 
  • Setelah mandi, pastikan Anda telah mengeringkan bagian bawah payudara sebelum menggunakan bra.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan payudara terasa gatal disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *