Kurangi Risiko Limbung dengan Melakukan Cara Sederhana Ini

Senior dengan kecelakaan jatuh dan pinggul menghantam tanah.

Limbung biasa dikaitkan dengan hilangnya kesimbangan tubuh sehingga jalan tidak stabil dan tubuh sering terjatuh. Ada beberapa cara agar Anda tidak mudah mengalami limbung.”

Limbung adalah suatu kondisi di mana seseorang secara tiba-tiba mengalami kehilangan keseimbangan. Biasanya, kondisi ini akan dikaitkan dengan adanya permasalahan pada sinyal yang berasal dari telinga menuju ke otak. Sinyal itulah yang mampu mengontrol rasa keseimbangan dan juga kesadaran seseorang.

Banyak orang yang beranggapan bahwa limbung dikaitkan dengan permasalahan usia lanjut, padahal banyak juga orang di usia 20-an mengalami limbung ini. Jadi, limbung bukanlah suatu penyakit pada usia tertentu.

Penyebab limbung

Munculnya limbung pada saat Anda berdiri atau berjalan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Adanya masalah telinga bagian dalam
  • Cedera kepala
  • Diabetes 
  • Efek samping suatu obat
  • Fistula perilimfe
  • Flu
  • Gangguan afektif
  • Gangguan musculoskeletal
  • Gangguan neurologis
  • Infeksi dan penyakit metabolik
  • Infeksi telinga
  • Kelainan sensorik
  • Ketidakseimbangan zat kimiawi di otak
  • Kondisi kejiwaan
  • Kondisi neurologis
  • Mabuk karena perjalanan
  • Neuroma akustik
  • Neuronitis vestibular
  • Penuaan
  • Penyakit jantung
  • Penyakit Meniere
  • Radang sendi
  • Sindrom Mal de Debarquement
  • Sirkulasi darah yang tidak lancar
  • Stroke
  • Tekanan darah, baik tinggi maupun rendah
  • Tumor 
  • Vertigo 

Pada umumnya, bila limbung terjadi disertai dengan beberapa gejala serius lainnya, seperti sulit bernapas, pusing, jatuh dan cedera, dan lainnya, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Begitu pula bila jika limbung secara terus menerus terjadi, Anda bisa melakukan konsultasi dan dibarengi dengan tindakan yang bisa menjaga tubuh Anda tetap berdiri aman sehingga risiko cedera bisa diminimalisir.

Cara sederhana melatih keseimbangan tubuh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih keseimbangan tubuh agar Anda tidak terlalu sering mengalami limbung. Cara-cara ini bisa Anda lakukan di dalam rumah dengan mudah.

1.Perhatikan konsumsi obat-obatan

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa ternyata efek samping suatu obat pun bisa membuat Anda menjadi limbung. Oleh karena itu, Anda bisa mengatur kembali konsumsi obat-obatan, seperti antidepressan, penghilang rasa sakit, dan juga antihistamin.

2.Menjaga kesehatan telinga

Cara selanjutnya yang bisa mengurangi risiko limbung adalah dengan menjaga telinga Anda dalam keadaan sehat. Sebab, jika terjadi infeksi pada telinga maka bisa menyebabkan fungsi vestibular mengalami masalah. 

Fungsi vestibular yaitu suatu sistem yang terletak di telinga dalam yang bertugas menjaga keseimbangan tubuh dan orientasi spasial. Oleh karena itu, jika telinga Anda merasa nyeri atau gejala lain, segera hubungi dokter agar mendapat penangangan sedini mungkin.

3.Melakukan latihan kekuatan

Latihan kekuatan adalah cara mudah selanjutnya yang bisa meningkatkan keseimbangan dan meminimalisir terjadinya limbung. Latihan kekuatan ini disarankan untuk usia berapapun asal disesuaikan dengan kemampuan otot masing-masing.

Sebuah studi telah membuktikan bahwa dengan melatih dan meningkatnya kekuatan tubuh bagian bawah bisa memperbaiki keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan neurologis.

4.Berdiri dengan satu kaki

Sudah banyak diketahui bahwa dengan melakukan latihan berdiri kaki satu bisa melatih keseimbangan secara perlahan. Maka, lakukanlah latihan ini secara rutin dan berdirilah selama beberapa detik pada masing-masing kaki.

5.Naik turun tangga

Latihan mengurangi risiko limbung ini sangat sederhana karena Anda hanya membutuhkan beberapa anak tangga dan melakukan gerakan naik turun tangga secara berulang. Dengan melakukan latihan ini, Anda akan membangun kestabilan di badan bagian bawah Anda, sekaligus akan memperkuat lutut.

6.Latihan bodyweight

Lunges dan squat adalah contoh jenis olahraga yang masuk ke dalam bodyweight ini. Bila Anda melakukan dua gerakan tersebut secara rutin, maka tidak hanya meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi risiko limbung, latihan tersebut juga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat dan meningkatkan jangkauan gerak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya limbung. Perlu Anda ketahui, bahwa limbung tidak memiliki pengobatan khusus. Limbung bisa diobati sesuai dengan masalah kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Begitu pula dengan tindakan pencegahan. Secara umum limbung juga akan sulit dicegah, yang bisa Anda lakukan adalah menjaga tekanan darah agar tetap stabil, dengan cara perbanyak minum air putih, menghindari konsumsi alkohol, olahraga secara teratur, mengurangi asupan garam, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *