Manfaat Buah Duku untuk Usir Nyamuk

Manfaat buah duku untuk kesehatan sayang jika dilewatkan

Tahu enggak sih kalau manfaat buah duku yang dapat kita peroleh salah satunya adalah mengusir nyamuk? Yup, percaya atau enggak, ternyata sudah ada beberapa sumber yang mengatakan demikian. Manfaat buah duku yang unik ini memang membuat kita bertanya-tanya kenapa bisa demikian. Nah, oleh sebab itulah artikel ini ditulis untuk membahasnya lebih lanjut. 

Sebelum masuk ke dalam pembahasan manfaat buah duku, alangkah baiknya kita cari tahu dulu apa saja sih kandungan yang ada di dalam buah tersebut. Merujuk dari beberapa sumber, dikatakan kalau setiap 100 gram buah duku mengandung lemak 0,2 gram, karbohidrat 16,1 gram, kalsium 18 mg, air 82 gram, protein 1 gram, zinc 0,2 mg, dan fosfor 9 mg. 

Adapun untuk kandungan vitaminnya sendiri, di dalam buah duku terdapat vitamin B3 sebanyak 1,5 mg dan vitamin C sebanyak 9 mg. Setiap 100 gram buah duku, terdapat 63 kalori. Dari kandungan tersebut, apa yang membuat buah duku bisa mengusir nyamuk? 

Setelah ditelusuri, ternyata manfaat buah duku dalam mengusir nyamuk ini bisa kita peroleh dari kulitnya. Oleh beberapa sumber, dikatakan bahwa kulit buah duku nan dibakar itu bisa mengusir nyamuk. Hal itu disebabkan karena nyamuk diyakini tidak suka sama aroma kulit buah duku yang dibakar. 

Apabila pembaca penasaran, tak ada salahnya jika ingin menguji secara langsung di rumah, apakah benar membakar kulit duku bisa mengusir nyamuk atau tidak. Namun sebelum mencobanya, pastikan prosesnya anda lakukan dengan hati-hati, ya. 

Masih berkaitan dengan nyamuk, disebutkan pula kalau manfaat buah duku yang lain adalah mencegah malaria. Oleh beberapa sumber dikatakan, manfaat tersebut bisa diperoleh dari ekstrak biji buah duku. Di samping itu, ada pula keterangan yang mengatakan kalau daun dan kulit buah duku mengandung senyawa kimia yang dipercaya bisa mencegah adanya pertumbuhan parasit yang dapat menyebabkan malaria. 

Manfaat tersebut tentunya kabar baik bagi kita semua. Sebab, memasuki musim hujan ini, penyakit yang rawan dialami adalah penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk. Maka dari itu, tidak ada salahnya kita mencoba apakah khasiat tersebut benar atau tidak. Namun, jika pembaca belum yakin dengan penjelasan tersebut, tak ada salahnya mencari referensi tambahan. 

Lebih lanjut, selain bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dan mencegah malaria, ternyata masih ada lagi manfaat buah duku. Berkenaan dengan penyakit, buah duku ternyata diyakini bisa mengatasi diare. Khasiat itu ternyata bisa kita temukan dari ekstrak batang buah duku. Di sisi lain, manfaat mengatasi diare ternyata bisa diperoleh dari ekstrak kulit buah duku. Hal itu karena di kulit buah duku disebut ada kandungan oleoresin yang diyakini bisa mengatasi diare. 

Selain diare, buah duku disebut pula bagus dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes. Manfaat buah duku nan satu ini dapat diperoleh oleh penderita diabetes karena buah duku mengandung vitamin B1. Adapun vitamin B1 ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Kendati demikian, sumber-sumber yang dirujuk sama menjelaskan kalau manfaat tersebut masih butuh penelitian lagi untuk memastikan kebenarannya. 

Dari uraian ringkas di atas kita sudah tahu ternyata ada kemungkinan manfaat buah duku untuk mengusir nyamuk dan mencegah malaria. Namun demikian, soal khasiat ini pembaca disarankan lagi untuk mencari referensi tambahan atau langsung bertanya kepada para ahlinya. 

Di sisi lain, kita pun telah mengetahui kalau manfaat buah duku bisa pula untuk mengatasi diare dan baik bagi penderita diabetes, meskipun masih memerlukan penelitian lagi. Namun demikian, bukan berarti khasiat buah duku hanya terbatas itu saja. Sebab bukan tidak mungkin buah duku punya manfaat yang lain bagi kesehatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *