Obat Patah Tulang di Apotik untuk Mengobati Patah Tulang Anak

Terkait dengan tumbuh kembangnya, anak akan semakin aktif seiring bertambahnya usia. Seperti baterai berjalan, buah hati Anda tidak akan berhenti mengeksplor lingkungan sekitar hingga energinya benar-benar habis. 

obat patah tulang

Terjatuh, tergores, bahkan patah tulang dapat terjadi. Tindakan medis seperti pemasangan gips atau bidai dan operasi merupakan penanganan utama patah tulang. Selama masa pemulihan, Anda bisa menggunakan obat patah tulang di apotik sesuai petunjuk dokter.

Tanda dan gejala patah tulang pada anak

Membiarkan anak bermain sendiri di rumah sementara Anda mengerjakan hal lain mungkin opsi aman untuk menghindari kecenderungan anak terluka. Tanpa disadari, anak mulai menangis tiba-tiba sambil memegang tangannya.

Hal itu akan menjadi peristiwa traumatis sehingga anak akan bingung menjelaskan kejadiannya, terutama pada anak yang belum fasih berbicara. 

Untuk memastikan apakah anak Anda mengalami patah tulang, berikut ini beberapa gejalanya:

  • Bengkak dan kemerahan di sekitar area yang cedera
  • Terlihat bentuk yang tidak biasa (deformitas) pada area yang cedera 
  • Anak terlihat kaku memegang area yang terluka, tidak mau mengangkat atau memindahkannya
  • Terasa sakit dan nyeri bila area yang terluka disentuh

Pertolongan pertama patah tulang pada anak

Mengetahui anak patah tulang, jangan panik dan histeris karena anak akan bertambah khawatir. Tetap tenang dan lakukan pertolongan pertama untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan. 

  1. Tenangkan anak dan katakan untuk tidak perlu khawatir.
  2. Pasangkan bidai atau kain gendongan untuk memangku area yang cedera. Isitrahatkan anak di tempat yang nyaman dan sebisa mungkin hindari pergerakan berlebih pada area tersebut.
  3. Kompres area yang cedera menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan.
  4. Berikan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol. Obat ini termasuk ke dalam obat patah tulang di apotik yang dianjurkan untuk meredakan nyeri.

Setelah kondisi anak sedikit membaik, Anda bisa membawanya ke dokter untuk melakukan perawatan lebih lanjut. 

Tindakan medis untuk mengatasi patah tulang pada anak

Terdapat dua jenis patah tulang atau fraktur, yaitu patah tulang terbuka (majemuk) dan tertutup (sederhana). Patah tulang terbuka adalah ketika tulang yang patah keluar menembus kulit, atau terdapat luka dalam pada kulit yang memperlihatkan tulang.

Sementara pada patah tulang tertutup (sederhana), patahan tulang tidak menonjol menembus kulit, dan kemungkinan hanya ada sedikit luka yang terlihat di kulit.

Untuk melakukan diagnosis, dokter akan melakukan beberapa tes untuk menentukan jenis cedera dan lokasinya. Tes ini meliputi:

  • Sinar-X (X-ray): Untuk melihat jaringan internal dan tulang
  • MRI: Merupakan tes yang lebih mendalam untuk melihat organ dan struktur di dalam tubuh secara detail
  • CT scan: Tes ini merupakan tes yang lebih detail dari x-ray dan berfungsi untuk melihat tulang, jaringan otot, lemak, dan organ tubuh

Pengobatan dan perawatan

Pengobatan dan perawatan dilakukan tergantung pada usia dan tingkat keparahan cedera. Pada kasus yang ringan, dokter akan memasangkan gips untuk menahan situs cedera tidak bergerak dan membiarkan tulang sembuh dan menyatu dengan sendirinya.

Jika terdapat pembengkakan, dokter akan memberikan bidai dan menggantinya dengan gips bila bengkak berkurang. 

Dokter juga akan meresepkan beberapa obat seperti pereda nyeri dan antibioik. Anda juga bisa menggunakan obat yang dijual bebas di apotik.

Obat patah tulang di apotik yang direkomendasikan sebagai pereda nyeri adalah ibuprofen. Obat ini memiliki efektivitas yang sama dengan obat resep dokter yaitu asetaminofen (Tylenol) dan kodein. Ditambah lagi, ibuprofen terbukti dapat ditoleransi lebih baik oleh anak-anak.

Pada kasus fraktur yang parah, dokter akan merekomendasikan pembedahan untuk mengembalikan posisi tulang ke tempat semula. 

Catatan

Ada beragam obat patah tulang di apotik yang efektif dan aman digunakan oleh anak-anak. Namun sebelum menggunakannya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis dan petunjuk pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *