Pantas Dikonsumsi, Manfaat Kurma Medjool Benar-Benar Nyata

Manfaat kurma medjool menjadi salah satu yang paling sering dibicarakan.

Pantas Dikonsumsi, Manfaat Kurma Medjool Benar-Benar Nyata

Popularitas kurma di dunia kian hari kian meningkat. Tidak hanya dipandang sebagai makanan penambah energi, khususnya bagi muslim yang hendak berpuasa atau berbuka puasa, kurma juga dinilai sebagai salah satu superfood karena banyaknya manfaat kesehatan yang dihadirkan dari buah yang satu ini. Dari beragam kurma yang dijual di beragam belahan dunia, manfaat kurma medjool menjadi salah satu yang aktif dibicarakan dan membuat jenis kurma yang satu ini tergolong yang paling laris. 

Banyak orang memilih mengonsumsi kurma medjool karena rasa manisnya yang lebih alami. Buah tropis yang berasal dari Maroko ini memiliki daging yang lembut dan lengket. Jadi ketika Anda mengonsumsinya dalam bentuk kering sekalipun, Anda tidak akan merasa terlalu seret. 

Manfaat kurma medjool pun tidak perlu diragukan untuk menunjang kesehatan Anda. Mengandung beragam nutrisi yang diperlukan tubuh, Anda bisa merasakan beraham khasiat di bawah ini ketika menyantap jenis kurma yang satu ini. 

  1. Mendukung Kesehatan Tulang 

Tidak perlu terlalu takut dengan bayang-bayang osteoporosis ataupun pengapuran tulang seiring bertambahnya usia. Anda bisa menjaga kesehatan tulang Anda dengan rutin mengonsumsi kurma medjool. Kandungan zat besi, magnesium, hingga mangan yang terdapat dalam buah tropis ini sangat mampu mendukung kesehatan tulang sehingga mencegah kondisi beragam penyakit tulang, tidak terkecuali osteoporosis. 

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan 

Anda tergolong sulit membuang air besar atau sering mengalami sembelit? Kondisi tersebut disebabkan oleh sistem pencernaan yang tidak lancar. Anda bisa mencari solusi sembelit dengan mengonsumsi kurma medjool secara teratur. Merupakan buah tinggi serat, sistem pencernaan Anda bisa menjadi lancar ketika mengonsumsi jenis kurma yang satu ini. 

  1. Mengontrol Kolesterol 

Tekstur kurma medjool memang sangat kenyal dan terasa manis. Ketika menyantapnya, Anda mungkin merasa berdosa karena berpikiran buah ini mengandung tinggi lemak. Jangan khawatir, buah ini justru hanya mengandung sangat sedikit lemak bahkan bebas kolesterol. Memakan kurma medjool bahkan bisa menjadi alat kontrol kadar kolesterol dalam tubuh guna menghindari beragam potensi penyakit kronis. 

  1. Menurunkan Berat Badan 

Manfaat kurma medjool yang satu ini ibarat menjadi jawaban bagi Anda yang tengah berjuang melawan obesitas. Lemak yang amat minim dalam buah kurma ini menjadikan kurma medjool sebagai pilihan alternatif pengganti gula ataupun sumber karbohidrat bagi orang yang sedang berdiet. Mencampurkan kurma medjool dalam salad Anda tiap pagi pun bisa menunjang energi sepanjang hari. 

  1. Melindungi Otak 

Salah satu manfaat kurma medjool yang fantastis adalah kemampuannya melindungi otak Anda. Otak yang senantiasa sehat dan terlindungi bisa menghindarkan Anda dari beragam penyakit gangguan memori, seperti demensia ataupun Alzheimer. Kemampuan kurma medjool melindungi otak karena buah ini mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa meminimalkan peradangan yang mungkin terjadi di otak. Peradangan sendiri kerap menimbulkan plak yang bisa mengganggu kinerja organ tertentu. 

  1. Meminimalkan Risiko Diabetes 

Anda takut mengonsumsi kurma medjool karena rasanya yang manis sehingga berpotensi menyebabkan diabetes? Nyatanya, Anda salah kaprah! Meskipun memiliki rasa manis yang cukup pekat, kurma medjool tidak dengan mudah menaikkan kadar gula dalam tubuh. Sebaliknya, buah ini mampu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh sehingga kadar gula darah justru bisa diturunkan. Dengan demikian, risiko diabetes pun dapat diminimalkan. 

  1. Menjaga Jantung 

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Salah satu penyebabnya adalah kadar kolesterol tinggi yang memungkinkan plak menutupi jalur pembuluh darah dari dan menuju jantung. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi kurma medjool. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi membuat buah tropis ini mampu menahan laju pertumbuhan kolesterol jahat yang membuat sumbatan pada aliran darah dari dan menuju jantung. 

*** 

Meskipun manfaat kurma medjool sangat banyak, Anda juga mesti berhati-hati ketika mengonsumsinya. Ini karena ada beberapa efek samping jika Anda terlalu banyak menyantap kurma medjool, seperti sakit perut, ruam kulit, ataupun berbagai indikasi alergi yang membuat Anda tidak nyaman. Jadi, makanlah sewajarnya dan nikmati manfaat kurma medjool sebanyak-banyaknya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *