Pencegahan Cacar Api pada Kelompok Lansia

Anda tentu familiar dengan program imunisasi untuk anak-anak, bukan? Keseluruhan program tersebut menyediakan pelayanan vaksinasi sebagai perlindungan dini untuk anak-anak dari penyakit tertentu, seperti cacar api. Imun tubuh anak dikatakan lebih rentan terhadap virus maupun penyakit lain.

Namun, bagaimana dengan perlindungan pada kelompok lansia? Seiring dengan bertambahnya usia, kelompok lansia juga akan mengalami penurunan kekebalan tubuh. Dengan begitu, kelompok lansia juga dianggap rentan terserang penyakit.

Bagaimana perlindungan dan cara mengatasi cacar api pada lansia?

Cacar api atau yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan herpes zoster adalah infeksi yang diakibatkan oleh virus varicella zoster. Virus ini menjadi penyebab utama penyakit cacar api. Di samping itu, bagi orang yang pernah mengalami penyakit cacar air, memiliki risiko yang cukup besar untuk turut terinfeksi cacar api.

Dikatakan bahwa dampak dari infeksi cacar api terasa lebih menyakitkan jika dibanding dengan cacar air. Pada cacar api, akan muncul ruam atau bintil yang disertai dengan rasa, seperti terbakar. Rasa nyeri terbakar pada kulit akan tetap terasa walaupun setelah berbulan-bulan gejala cacar api menghilang.

Setelah seseorang dinyatakan sembuh dari cacar air, virus varicella tersebut tetap berada dalam tubuh, berdiam diri dalam sel tubuh dengan keadaan tidak aktif. Ketika seseorang mengalami penurunan kondisi tubuh dan merasa tidak sehat, virus akan kembali aktif dan mengakibatkan infeksi cacar, namun berjenis cacar api. Bagi kelompok usia 50 tahun ke atas atau lansia, daya tahan tubuh akan cenderung menurun, sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit, cacar air.

Vaksinasi herpes zoster untuk kelompok lansia telah tersedia untuk mencegah timbulnya cacar api. Walaupun begitu, harga vaksin ini terbilang lebih mahal, karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun, jika Anda cukup beruntung dapat membeli vaksin ini, tidak ada salahnya untuk memberikan perlindungan pada orang tersayang di sekitar Anda. Dengan begitu, keluarga Anda dapat menikmati waktu bersama tanpa khawatir akan infeksi virus cacar api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *