Penyakit Mental Baru, Gaming Disorder

Gaming disorder telah dimasukkan ke dalam klasifikasi penyakit internasional keluaran terbaru (ICD-11).

Gaming disorder didefinisikan dalam Revisi ke 11 Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11) sebagai pola perilaku permainan digital-gaming atau video-gaming oleh WHO.

Pada tahun 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan gaming disorder dalam Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11). ICD-11 sendiri adalah daftar penyakit dan kondisi medis yang digunakan para profesional kesehatan untuk membuat diagnosis dan rencana perawatan.

Gaming disorder ditandai dengan gangguan kontrol atas permainan, peningkatan prioritas yang diberikan untuk bermain game di atas aktivitas lain. Orang dengan gaming disorder mengalami kesulitan mengendalikan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk bermain game, baik secara digital atau pun video. Mereka juga memprioritaskan bermain game di atas aktivitas lain dan mengalami efek negatif dari perilaku bermain mereka.

Diagnosis gaming disorder merupakan perilaku yang sangat parah sehingga mempengaruhi hal-hal berikut:

  • Kehidupan keluarga
  • Kehidupan sosial
  • Kehidupan pribadi
  • Pendidikan
  • Kerja

Menurut beberapa penelitian, gaming disorder dapat terjadi bersamaan dengan gangguan mood lainnya, seperti:

  • Gangguan kecemasan
  • Depresi
  • Stress

Orang yang tetap tidak aktif secara fisik untuk waktu yang lama karena bermain game mungkin juga memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami obesitas, masalah tidur, dan masalah kesehatan lainnya.

Tidak ada keraguan bahwa beberapa perilaku bermain game bermasalah. Namun mayoritas orang yang bermain komputer dan video game tidak perlu dikhawatirkan.

Para peneliti melaporkan bahwa hanya 0,3-1,0 persen orang yang mungkin memenuhi syarat untuk diagnosis gaming disorder. 

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai penyakit ini. Namun jika Anda khawatir bahwa game dapat berdampak negatif terhadap kesehatan atau hubungan Anda, Anda harus berbicara dengan dokter atau profesional kesehatan mental.

Gaming disorder adalah kondisi yang baru diklasifikasikan oleh WHO dalam ICD-11.  Namun, kemungkinannya hanya sebagian kecil orang yang bermain game online dan video yang akan memenuhi kriteria untuk gaming disorder. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *