Penyakit Mulut Selain Oral Hairy Leukoplakia Adalah

Oral hairy leukoplakia adalah satu penyakit yang terjadi pada mulut bagian dalam, dan seperti namanya terdapat rambut yang menebal pada bagian pinggiran lidah.

Penyakit ini mempunyai bercak berwarna putih dan serupa dengan leukoplakia namun ternyata keduanya berbeda dalam beberapa hal.

Adapun OHL kebanyakan terjadi pada pengidap HIV sedangkan Leukoplakia umumnya menyerang para perokok berat.

Selain OHL, terdapat juga penyakit-penyakit mulut lainnya yang perlu Anda ketahui, dari yang populer hingga tidak. Berikut penyakitnya!

Seriawan 

Anda tentu sudah tidak asing dengan penyakit mulut yang satu ini. Seriawan adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya luka kecil di lidah atau mulut.

Kondisi ini terjadi karena kurangnya asupan vitamin dan lemahnya daya tahan tubuh. Selain itu, seriawan disebabkan oleh konsumsi buah-buahan dengan rasa asam yang berlebihan serta pemakaian kawat gigi.

Untuk bisa mengatasi seriawan sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan gigi dan lidah secara teratur kemudian hindari makanan-makanan asam, pedas agar tidak memperparah penyakit.

Lidah pecah-pecah

Lidah pecah-pecah adalah kondisi lidah memiliki celah-celah berkedalaman 2,5 mm, dan terletak di 1/3 bagian tengah lidah.

Kondisi ini juga tidak begitu dirasakan mengingat sifatnya yang tidak menyebabkan keluhan dan memberikan gejala.

Namun, lidah pecah-pecah juga merupakan gejala dari sindrom Melkersson-Rosenthal, sindrom Down, serta efek samping obat-obatan teurapetik.

Untuk mengatasi kondisi ini Anda hanya perlu secara rutin membersihkan lidah supaya tidak terkena infeksi dari sisa-sisa makanan yang terselip.

Kandidiasis mulut

Penyakit mulut selain oral hairy leukoplakia adalah kandidiasis mulut yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida.

Penyakit mulut ini mirip seperti seriawan namun mempunyai bintik putih, berwarna kemerahan, serta menyebabkan rasa nyeri.

Adapun penyakit ini dapat menyerang siapa saja termasuk yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah.

Untuk mengatasinya Anda dapat berkumur menggunakan garam atau 1 sendok teh baking soda yang sudah dilarutkan ke dalam air hangat setiap 2 hari sekali.

Geographic tongue

Atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan lidah geografis adalah kondisi terjadinya pengecilan papila lidah dan bercak merah yang tampak seperti pulau.

Jika Anda mengalami kondisi, kemungkinan ini adalah gejala beberapa penyakit seperti alergi, gangguan pencernaan, dan psoriasis. Faktor genetik, stres, kekurangan gizi, dan reaksi imunologi tidak menutup juga menjadi penyebab kondisi ini.

Cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu mengurangi konsumsi makanan-makanan pedas, asam, minuman beralkohol, dan merokok.  Selain itu,  periksakan diri jika bercak dalam waktu 2 minggu tidak hilang.

Glossitis

Ini adalah kondisi terjadinya pembengkakan pada lidah. Kondisi ini mengakibatkan bintik-bintik kecil di lidah semakin tidak terlihat, licin, dan halus.

Bahkan dalam beberapa kasus kondisi ini juga dimulai dari seriawan serta alergi yang menyebabkan pembengkakan menjadi parah.

Untuk menanganinya Anda hanya perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut secara teratur serta konsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi bagi gigi dan mulut.

Selain itu, Anda bisa mengatasinya dengan meminum obat antibiotik dan kortikosteroid sesuai resep dari dokter.

Burning tongue

Atau lidah terbakar merupakan sindrom yang sering terjadi pada wanita menopause, dan membuat penderitanya mengalami mati rasa, kesemutan, dan terbakar.

Untuk menghindari dan mengatasi sindrom ini Anda hanya perlu makanan pedas dan asam, alkohol, dan rokok.

Kanker mulut

Kanker mulut adalah penyakit yang muncul akibat tumor yang berkembang dalam rongga mulut, seperti pada bagian permukaan lidah, bagian dalam pipi, langit-langit mulut, bibir, dan gusi.

Selain rongga mulut, tumor juga dapat berkembang pada kelenjar penghasil air liur, amandel, bagian tenggorokan yang menghubungkan mulut dan tenggorokan.

Gejala yang dapat dirasakan adalah sariawan yang sangat nyeri dan tidak kunjung sembuh, benjolan di mulut dan leher, mati rasa pada bibir dan lidah serta lidah putih dan kemerahan.

Kanker lidah

Selain kanker mulut, juga terdapat kanker lidah yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali pada lidah.

Gejala kanker ini mirip kanker mulut namun gejala lain penyakit mulut selain oral hairy leukoplakia adalah lidah sering berdarah tanpa sebab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *