Sakit Kepala Berdenyut, Apa Yang Perlu Dilakukan?

sakit kepala berdenyut

Setiap orang dihimbau untuk menerapkan pola hidup yang sehat supaya terhindar dari risiko seperti sakit kepala. Sakit kepala berdenyut dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada kepala. Kondisi tersebut juga dapat mengganggu aktivitas manusia sehari-hari.

Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala berdenyut dapat timbul secara berulang kali. Sakit kepala berdenyut terjadi karena pelebaran pembuluh darah yang mencoba meningkatkan aliran darah kepala. Kondisi tersebut dapat terjadi di berbagai sisi kepala.

Selain itu, sakit kepala berdenyut terjadi karena beberapa faktor berikut:

  • Migrain

Migrain merupakan sakit kepala yang terjadi pada satu sisi. Ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang mengalami migrain, antara lain dehidrasi, makanan tertentu, suara yang keras, dan faktor cuaca. Migrain juga dapat timbul secara berulang kali.

Migrain tidak hanya menyebabkan sakit kepala berdenyut, namun kondisi tersebut juga dapat menyebabkan seseorang bersin, batuk, nyeri, mual, dan muntah.

  • Sinusitis

Sinusitis merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala berdenyut. Sinusitis menyebabkan pembengkakan atau penyumbatan pada bagian sinus sehingga dapat memicu rasa nyeri pada beberapa bagian kepala.

  • Neuralgia oksipital

Neuralgia oksipital merupakan kondisi yang juga perlu diwaspadai, karena dapat menyebabkan sensasi terbakar dan berdenyut dari dasar tengkorak yang akan menyebar ke seluruh kulit kepala.

  • Penggunaan kafein

Jika Anda sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, maka Anda akan kecanduan terhadap kandungan tersebut. Jika Anda mengurangi atau berhenti mengkonsumsi minuman tersebut, maka sejumlah gejala akan timbul, antara lain kurang bertenaga, merasa ngantuk, sakit kepala berdenyut, sulit berkonsentrasi, nyeri otot, mual, dan muntah.

  • Penggunaan alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan tidak hanya menyebabkan penurunan kesadaran atau mabuk, namun juga dapat memperbesar dan menimbulkan iritasi pada pembuluh darah di otak dan jaringan sekitarnya sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Penggunaan alkohol secara berlebihan juga dapat menimbulkan gejala lain berupa penurunan nafsu makan, tubuh terasa sensitif, lemas, diare, dan mual.

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala berdenyut dan ingin mengobati kondisi tersebut, Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah:

  • Mengkonsumsi obat

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi obat pereda sakit kepala seperti paracetamol dan ibuprofen. Sebelum mengkonsumsi obat tersebut, Anda sebaiknya baca aturan pemakaiannya.

  • Mengkonsumsi air putih

Anda juga perlu mengkonsumsi air putih setiap hari dalam jumlah yang cukup. Kurangnya air putih tidak hanya menyebabkan dehidrasi, namun juga dapat mengurangi konsentrasi manusia dan menyebabkan sakit kepala.

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Anda perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk mencegah risiko pada tubuh seperti sakit kepala. Anda dapat mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mendukung kondisi tubuh Anda.

  • Mengatur pola tidur

Setiap orang perlu tidur setidaknya 6 jam sehari. Jika Anda kekurangan tidur, maka Anda tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dan mengalami sakit kepala.

  • Jangan mengkonsumsi alkohol atau kafein

Anda jangan mengkonsumsi alkohol atau kafein secara berlebihan, karena kedua minuman tersebut dapat menimbulkan berbagai gejala sehingga dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi.

Jika Kondisi Memburuk

Jika Anda mengalami sakit kepala yang cukup parah, Anda dapat menghubungi dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  • Apakah Anda memiliki kebiasaan tertentu sehingga Anda mengalami sakit kepala?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter dapat melakukan diagnosis seperti CT scan atau MRI. Setelah itu, dokter dapat memberikan pengobatan terhadap kondisi tersebut, dan Anda perlu melakukan cara-cara yang dapat mencegah sakit kepala seperti tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Kesimpulan

Sakit kepala berdenyut merupakan kondisi yang perlu diwaspadai, karena dapat mengganggu konsentrasi manusia. Untuk mengobati sakit kepala berdenyut, cara-caranya sederhana, namun Anda perlu melakukannya secara rutin untuk mencegah risiko tersebut terjadi lagi. Untuk informasi lebih lanjut tentang sakit kepala, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *