Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat untuk Cegah Dispepsia Semakin Parah

Pernahkah Anda merasakan nyeri perut berlebih disertai dengan rasa kembung, mual, dan juga sebah? Jika iya, Anda perlu waspada terhadap rasa tidak nyaman tersebut yang dapat berujung pada gejala gangguan pencernaan atau yang juga disebut dengan dispepsia.

Dispepsia atau gangguan pencernaan berdasarkan faktor pemicunya terbagi menjadi dua jenis, yaitu dispepsia organik dan fungsional. Faktor pemicu dispepsia organik dapat berupa efek dari mengonsumsi obat tertentu maupun penyakit bawaan, seperti tukak lambung dan kanker. Sementara itu, dispepsia fungsional terjadi ketika terdapat gejala gangguan pencernaan, namun tidak ditemukannya kelainan pada sistem pencernaan.

Dalam kasus dispepsia fungsional, pemicu penyakit ini seringkali berkaitan erat dengan gaya hidup, termasuk di dalamnya stres, kebiasaan merokok, dan pola makan yang buruk. Kombinasi dari pola makan dan gaya hidup tertentu dapat berdampak pada kesehatan. Maka dari itu, perubahan gaya hidup yang lebih sehat dapat mengurangi gejala dispepsia secara signifikan.

Langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi dispepsia?

Di bawah ini, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dispepsia:

  • Perhatikan pola makan

Penderita pepsia umumnya disarankan untuk menghindari makan dengan kandungan asam yang tinggi, seperti jeruk, lemon, dan tomat. Selain itu, makanan yang memiliki kadar lemak tinggi dan berminyak juga tidak disarankan. Alkohol, kafein, dan minuman bersoda menjadi pantangan bagi penderita dispepsia.

Anda dapat membatasi porsi makan dan cobalah untuk mengunyah makanan hingga lembut agar mudah dicerna.

  • Mengelola stres dengan bijak

Perasaan tertekan dan cemas dapat mengganggu sistem pencernaan dan produksi asam serta enzim pencernaan. Kondisi ini akan berdampak pada rasa tidak nyaman pada perut.

Menjaga diri agar tidak terlalu menahan beban pikiran dapat dilakukan dengan berkonsultasi pada psikolog, mengikuti kelas yoga, atau menekuni hobi. Selain itu, penting bagi Anda untuk memiliki support system yang baik.

  • Terapkan konsep mencintai diri sendiri

Menjaga kesehatan merupakan penerapan dari konsep mencintai diri sendiri. Anda dapat melakukan ini dengan melakukan olahraga maupun aktivitas fisik secara rutin. Usahakan untuk tidak langsung berolahraga setelah makan. Hindari begadang dan usahakan untuk pergi tidur setelah 2-3 jam makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *