Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Sabun Zaitun

Siapa yang tidak mengenal merek kecantikan Purbasari? Bisa dikatakan, Purbasari merupakan salah satu merek kecantikan yang sudah lama ada di Indonesia. Merek ini pun telah banyak mengeluarkan produk kecantikan, baik untuk wajah maupun badan. Salah satunya adalah sabun zaitun yang memiliki banyak manfaat, seperti melembabkan kulit, membuat kulit tampak lebih cerah, dan menjaga kesehatan kulit tubuh.

Sabun zaitun dari Purbasari merupakan sabun batangan yang mengandung minyak zaitun sebagai bahan utama. Minyak zaitun pada sabun zaitun Purbasari diklaim efektif dalam menutrisi kulit dan membuat kulit kering lebih lembab. Sifat antioksidan pada minyak zaitun juga dapat menghaluskan kulit yang bersisik. Selain itu, sabun zaitun batangan dari Purbasari dilengkapi dengan ekstrak bengkoang yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah jika digunakan secara rutin.

Kandungan minyak zaitun memang telah sering digunakan oleh berbagai produk kecantikan, tidak hanya pada sabun zaitun. Bahkan minyak zaitun sudah digunakan untuk perawatan kecantikan sejak zaman Yunani Kuno dan Mesir. Asam oleat yang terdapat pada minyak zaitun dapat memberikan nutrisi bagi kulit dan memiliki efek melembabkan yang tinggi. Sehingga, bagi Anda yang memilki kulit kering, bisa menggunakan sabun zaitun secara rutin.

Tidak hanya bermanfaat untuk melembabkan kulit, kandungan vitamin E, vitamin K, polifenol dan antioksidan pada minyak zaitun juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk merangsang pergantian sel kulit mati, sehingga cocok digunakan untuk perawatan anti-aging. Minyak zaitun juga dapat mengatasi flek dan keriput pada kulit jika digunakan secara rutin.

Selain merek Purbasari, sabun zaitun dengan merek lain banyak beredar di pasaran. Hal ini tentu akan membuat Anda bingung dalam memilih sabun zaitun yang cocok untuk kulit Anda. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun zaitun? Berikut ulasannya.

Cara Pembuatan Sabun Zaitun

Kandungan minyak zaitun pada sabun zaitun biasanya memiliki perbedaan. Kandungan dan efek kenyamanannya pun juga dapat berbeda tergantung pada metode pembuatan sabun zaitun itu sendiri. Terdapat dua macam metode yang biasa digunakan dalam pembuatan sabun zaitun, yaitu metode pemanasan tradisional dan metode cold press.

Metode pemanasan tradisional atau biasa disebut dengan hot process merupakan metode pencampuran lemak dan minyak alami dengan soda kaustik, yang kemudian dipanaskan dan dihidrolisis. Metode ini biasanya dapat mempertahankan bahan pelembab seperti gliserin yang ada di dalam minyak zaitun karena tidak ada proses pembuangan kadar garam. 

Sementara itu, metode cold press memiliki cara yang sama dengan metode pemanasan tradisional, yaitu mencampurkan minyak, lemak alami, dan soda kaustik. Bedanya adalah metode cold press tidak melalui proses pemanasan melainkan dikeringkan secara perlahan untuk menghasilkan sabun. Karena itu, berbagai bahan yang terkandung dalam sabun zaitun tidak rusak. Kandungan pelembab dan bahan kecantikan yang ada dalam sabun zaitun pun akan lebih banyak dibanding sabun yang dibuat dengan metode hot process.

Periksa kandungan kecantikan lainnya

Biasanya, sabun zaitun mengandung 40% hingga 60% minyak zaitu sebagai bahan utama. Tetapi, terkadang terdapat sabun zaitun yang memiliki kandungan 100% minyak zaitun. Karena itu, pentung untuk melihat kadar minyak zaitun dan kandungan lainnya yang ada di dalam produk. Dalam produk sabun zaitun, biasanya akan tercampur minyak kecantikan lainnya seperti minyak argan dan minyak jojoba yang dikenal bagus untuk kulit. 

Selain itu, sabun zaitun juga biasanya memiliki busa yang sedikit. Makin banyak kandungan minyak zaitun, makin sedikit pula busa yang dihasilkan pada sabun. Terkadang, sodium lauryl sulfate digunakan untuk membuat sabun zaitun lebih berbusa. Tapi, sebaiknya zat ini dihindari karena dapat menyebabkan masalah kulit pada sebagian orang, terlebih bagi yang memiliki kulit sensitif.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli sabun zaitun. Jangan asal memilih sabun yang dapat berakibat pada timbulnya masalah pada kulit. Perhatikan kandungan dan cara pembuatan, serta jenis kulit yang Anda miliki sehingga terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *