Yoga Iyengar, Apa Manfaatnya Bagi Lansia?

Yoga Iyengar menjadi salah satu jenis yoga yang diperkenalkan paling awal di dunia dan mempunyai cukup banyak pengikut sampai sekarang. Awalnya, yoga jenis ini digunakan untuk membantu meringakan gangguan kesehatan TBC. Namun, gerakan-gerakan yoga Iyengar justru terbukti bermanfaat bagi kesehatan sendi dan otot sehingga cocok dilakukan untuk lansia. 

Apa itu yoga Iyengar?

Awalnya yoga Iyengar diambil dari nama guru yang terkenal di India, B.K.S Iyengar. Yoga Iyengar menekankan keselarasan gerakan, peregangan yang dalam, dan pose yang stabil untuk waktu yang lama. Peserta yoga diminta untuk melakukan pendalaman pikiran serta melatih teknik pernapasan.

Beberapa benda digunakan sebagai alat bantu guna semakin meningkatkan fokus serta meyelaraskan pikiran dan gerakan. Biasanya alat yang dipakai berupa ikat pinggang, balok, selimut, handuk, atau bloster (guling yoga). 

Manfaatnya bagi lansia

Lansia memiliki kecenderungan mengalami cedera akibat terjatuh atau terpeleset. Kejadian tersebut bahkan bisa menyebabkan risiko paling parah yaitu kematian. Yoga Iyengar mampu membantu meningkatkan derajat kesehatan lansia. Berikut ini beberapa manfaatnya yoga Iyengar bagi lansia:

  1. Risiko jatuh menurun

Lansia sangat rentan akan risiko jatuh karena perubahan kondisi fisiknya. Sebuah penelitian menunjukkan, sebanyak 46% lansia memiliki risiko jatuh tinggi, 36% berisiko rendah, dan sisanya tidak berisiko. Yoga Iyengar telah disetujui dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan lansia saat bangkit dari kursi, meningkatkan panjang langkah, serta menurunkan risiko  jatuh. 

Jika lansia berlatih secara rutin setidaknya 6 bulan berturut-turut, maka risiko jatuh bisa berkurang dibandingkan dengan 6 bulan sebelumnya. 

Jenis olahraga untuk lansia cenderung terbatas karena gerakan lansia yang juga dibatasi, namun yoga Iyengar bisa menjadi pilihan alternatif baru. 

  1. Meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki kestabilan emosi

Semakin bertambahnya umur, fungsi otak mulai menurun. Hampir sebagian besar lansia mengalami pikun sehingga daya pikirnya juga ikut berkurang. Lebih dari 200 teknik pernapasan dan gerakan yoga dilakukan untuk meyelaraskan fisik, emosi, mental, serta spiritual. Setelah beberapa waktu melakukan yoga Iyengar, Anda akan mendapatkan manfaat fisiknya, baru setelah itu manfaat bagi mental dan spiritual baru akan terasa.    

Sebuah studi membuktikan bahwa yoga Iyengar pada dasarnya memang dirancang untuk membantu penderita yang mempunyai gangguan kecemasan dan depresi. Selain itu, mood peserta yoga juga membaik setelah selesai melakukan kelas yoga Iyengar. 

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Perubahan kehidupan dalam hal karir, kesehatan, penurunan kemampuan fisik yang terjadi pada lansia tak jarang membuat mereka tidak percaya diri. Sebanyak 70% peserta yoga Iyengar terbukti merasa percaya diri dan bersedia melakukannya lagi kemudian hari. Akan lebih baik jika yoga dilakukan bersama-sama dengan peserta lansia lainnya. Kepercayaan diri yang meningkat akan mengurangi risiko stres dan depresi. 

Hal yang perlu diperhatikan

Yoga Iyengar memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan lansia baik fisik, emosi, maupun mental. Namun, terdapat kondisi yang membuat lansia disarankan untuk tidak melakukan yoga. Jika lansia mempunyai masalah dengan tulang, glaukoma, radang sendi, atau tekanan darah tinggi, sebaiknya pertimbangkan dahulu saat ingin melakukan yoga Iyengar atau jenis yoga yang lain. 

Lansia merupakan kelompok umur yang rawan terkena penyakit atau cedera sehingga pilih instruktur yoga Iyengar profesional dan berpengalaman agar dapat membantu lansia melakukan gerakan dengan posisi dasar yang tepat. Lansia juga sebaiknya menghindari gerakan-gerakan yang sekiranya tidak mampu dilakukan karena bisa mengakibatkan gangguan tulang atau sendi seperti keseleo. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *