Yuk, Coba Berbagai Jenis Teh dan Rasakan Manfaatnya Bagi Kesehatan!

Yuk, Coba Berbagai Jenis Teh dan Rasakan Manfaatnya Bagi Kesehatan!

Apa yang Anda minum ketika sarapan? Menu minuman sarapan memang beragam seperti jus, kopi, susu, hingga teh. Selain saat sarapan, Anda juga dapat mengonsumsi teh ketika bersantai di sore hari. Anda juga bisa mencampurkan teh dengan bahan lain guna menambah rasa seperti susu, gula batu, madu, dan lemon. Meski demikian, teh akan memberikan manfaat maksimal jika Anda minum tanpa tambahan bahan lain atau tawar saja. 

Manfaat minum teh

Kandungan antioksidan dan kafein dalam teh terbukti baik bagi kesehatan. Secangkir teh jika diminum rutin akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Berbagai manfaat dari mengonsumsi teh di antaranya yaitu: 

  • Membantu membuang racun dari dalam tubuh
  • Meningkatkan energi
  • Melancarkan pencernaan 
  • Membantu menurunkan berat badan 
  • Mencegah timbulkan kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengobati sakit kepala
  • Menenangkan dan mengurangi stres
  • Membantu menyehatkan jantung

Jenis teh yang dapat dicoba 

Teh hadir dalam banyak jenis sehingga Anda tidak akan merasa bosan dalam mengonsumsinya. Berbagai jenis teh berikut ini memberikan manfaat khusus serta menawarkan cita rasa unik. Apa saja jenis teh tersebut?

  1. Teh hitam 

Teh hitam berasal dari Camellia sinensis. Teh hitam merupakan jenis teh yang telah ada sejak zaman dulu. Menurut Life Hack, teh hitam pertama kali diproduksi pada tahun 1730. Dari segi keunggulan, teh hitam dapat disimpan lebih lama sebab teksturnya kering. Manfaat yang bisa diperoleh khususnya jika mengonsumsi teh hitam yaitu memperkuat gigi, menjaga semangat, mencegah kerusakan pada DNA, serta mengurangi rasa sakit kepala.  

  1. Teh hijau

Sama seperti teh hitam, teh hijau berasal dari camellia sinensis. Bedanya, proses yang dilewati teh hitam dan hijau berbeda sehingga kedua warna dan rasanya pun ikut berbeda. Kandungan berupa alkaloid dalam teh hijau dapat memberi efek stimulan. Terdapat pula senyawa asam amino dalam teh hijau yang dianggap mampu memberi efek menenangkan sistem saraf.  

  1. Teh chamomile

Berbahan dasar bunga Matricaria Chamomilla, maka lahirnya teh chamomile. Manfaat teh chamomile yang terkenal adalah dapat meningkatkan kualitas tidur serta membuat tubuh terasa rileks. Bagi Anda yang sering mengalami sulit tidur, ada baiknya mencoba mengonsumsi teh chamomile sebagai solusinya. 

  1. Teh rosella

Dibandingkan teh lain yang memiliki rasa pahit, teh rosella hadir dengan rasa asam seperti cranberry. Teh ini terbuat dari seduhan kelopak bunga rosella atau hibiscus sabdariffa. Kandungan vitamin C dan mineral dalam teh rosella cukup banyak sehingga teh ini juga dijadikan sebagai obat tradisional. Manfaat khusus teh rosella yaitu menurunkan hipertensi, mengontrol kolesterol, mencegah infeksi kandung kemih, serta membantu mengurangi berat badan. 

  1. Teh mawar

Teh mawar juga perlu Anda coba. Bahan pembuatan teh ini adalah kelopak bunga mawar yang dikeringkan. Menurut Healthy Focus, teh mawar dapat memberi manfaat untuk meredakan sakit menstruasi yang dialami perempuan. Teh mawar mengandung vitamin C yang bisa memberikan manfaat berupa perawatan kulit, kesehatan rambut, serta kekebalan tubuh. Sama seperti jenis teh lainnya, teh mawar dapat memberi efek terapi menenangkan jika dikonsumsi. 

Itulah berbagai jenis teh serta manfaatnya untuk kesehatan. Selain teh yang telah disebutkan, masih banyak jenis teh lain yang juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mendapatkan produk teh berkualitas secara online, kunjungi toko SehatQ. Terdapat berbagai varian teh yang bisa dipilih dengan harga terjangkau. Toko SehatQ juga sering memberikan diskon untuk berbagai produknya. Anda bisa juga membeli berbagai produk di toko tersebut melalui aplikasi SehatQ yang diunduh melalui App Store atau Google Play.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *