9 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

9 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

Meski produk-produk kecantikan banyak jenis dan variannya, banyak juga perempuan memilih produk perawatan kulit dari bahan alami. Salah satunya adalah dengan masker kopi yang manfaatnya tak kalah banyaknya.

Selain untuk diseduh, kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk mendapatkan berbagai kebaikannya.

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Manfaat kopi yang baik bagi wajah ini sumbernya dari kandungan antioksidan yang tinggi yang terkandung di dalamnya. Simak beragam manfaat masker kopi yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengurangi jerawat

Masker kopi ternyata bermanfaat untuk mengurangi jerawat di wajah. Penggunaannya mampu melawan masalah kulit di wajah jika digunakan setiap hari, termasuk jerawat.

Kopi mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri dari kandungan chlorogenic acid. Selain itu kopi juga mengandung antioksidan dan zat stimulan. Semua kandungan ini ampuh melawan jerawat di kulit wajah. 

Kopi juga bisa dijadikan scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

  1. Memperlambat tanda penuaan di kulit

Manfaat masker kopi lainnya yaitu bisa memperlambat tanda penuaan kulit. Kopi disebut dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi tanda penuaan dini, seperti garis halus, kerutan, dan keriput di wajah. 

Anda bisa mengoleskan masker kopi di wajah secara langsung. Selain itu, minum kopi juga diyakini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti hiperpigmentasi dan bintik hitam penuaan.

  1. Mengatasi mata panda

Masker kopi juga bermanfaat untuk mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata. Hal ini didapat dari kandungan kafein di dalamnya yang akan membantu membuat pembuluh darah di area mata melebar dan aliran darah pun lebih lancar.

  1. Mengatasi peradangan

Masker kopi juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan karena mengandung antiradang dari chlorogenic acid dan melanoidin.

Chlorogenic acid ini sering dihubungkan dengan risiko adanya pengurangan hiperpigmentadi yang mungkin ada berkaitan dengan peradangan.

  1. Merawat kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari

Masker kopi juga bisa merawat kulit wajah yang terbakar karena paparan sinar matahari atau sunburn. Sunburn ini bisa dialami oleh siapapun bila terkena sinar matahari dalam waktu yang lama. 

Manfaat ini bisa didapat dari ampas kopi yang disebut mampu melindungi kulit dari buruknya efek sinar matahari, terlebih sinar ultraviolet B (UVB).

Masker dari ampas kopi ini tidak bisa menggantikan peran sunscreen, ya. Jadi Anda tetap perlu menggunakan tabir surya di siang hari meskipun beraktivitas di dalam ruangan saja.

  1. Menghilangkan selulit

Masker kopi juga bisa menghilangkan selulit. Manfaat ini bisa didapat dengan menggosok bubuk kopi ke area yang terdapat selulit. 

Kopi mengandung kafein yang bisa membuat pembuluh darah di bawah kulit melebar dan aliran darah pun akan meningkat secara menyeluruh.

Sel kulit mati yang terangkat setelah menggunakan masker kopi akan mengurangi tampilan selulit sehingga kulit jadi lebih halus dan warnanya merata.

  1. Menangkan kulit

Masker kopi untuk wajah dapat menenangkan kulit. Saat diminum, kopi memberikan efek stimulan dalam tubuh. Sedangkan efek menenangkan bisa didapat dengan mengoleskan masker kopi di wajah. Efek menenangkan ini didapat dari kandungan antioksidan di dalam kopi.

  1. Menurunkan risiko kanker kulit

Manfaat masker kopi untuk wajah disebut bisa menurunkan risiko kanker kulit dari kandungan niacin (vitamin B3) dalam biji kopi yang dipanggang.

Biji kopi mentah mengandung trigonelline yang berubah menjadi niacin ketika melewati proses pemanggangan. Kandungan niacin ini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker kulit. 

  1. Melindungi kulit kepala

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan wajah, tapi juga untuk area kulit kepala dan rambut.

Kopi bersifat asam dengan pH sekitar 5,11. Kadar kelembapan ini cocok dengan pH kulit kepala yang berkisar di angka 5,5 dan pH rambut 3,67.

Penggunaan masker kopi untuk rambut bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kadar pH rambut dan kulit kepala. 

Gunakan masker kopi atau membilas rambut menggunakan air kopi dingin. Hal ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati di kepala. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *