Bau Badan Bikin Tidak Pede, Begini Cara Mengatasinya

Tidak ada orang yang suka memiliki bau badan tidak sedap. Seringkali, aroma tak sedap di badan membuat kepercayaan diri menurun. Kalau sudah seperti ini, bisa-bisa aktivitas sehari-hari Anda pun jadi ikut terganggu.

Perlu diketahui, bau yang keluar dari tubuh adalah kondisi yang sangat umum terjadi pada semua orang. Hanya saja, pada sebagian orang, bau itu bisa lebih parah dibandingkan dengan orang-orang lainnya. 

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini bisa diatasi. Selama Anda tahu apa penyebab serta cara merawatnya, maka Anda bisa mengendalikan bau tak sedap dari badan Anda. 

Bagaimana cara mengatasi bau badan?

Supaya kepercayaan diri Anda meningkat, Anda perlu mengatasi bau tak sedap dari badan Anda. Ada banyak cara untuk melakukan hal ini, baik dengan perawatan sendiri di rumah maupun dengan perawatan medis dari dokter. 

Jenis perawatan yang dilakukan didasarkan pada faktor penyebab serta tingkat keparahan bau. Jika Anda ingin mengatasi bau badan, berikut ini cara yang bisa dilakukan: 

  • Perawatan di rumah

Selama aroma tak sedap pada tubuh tidak terlalu parah, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, hal utama yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara rutin dan teratur. 

Saat membersihkan tubuh, pastikan ketiak, selangkangan, dan kaki dibersihkan dengan benar. Karena, area-area ini sering menjadi sumber aroma tak sedap di tubuh. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan deodoran pada ketiak. Ketika berpakaian, usahakan untuk memakai baju berbahan alami seperti katun, wol, dan sutra. Cuci pakaian Anda secara teratur agar tidak menjadi sarang bakteri dan kotoran. 

  • Perawatan dengan obat

Anda juga bisa mengatasi bau tidak sedap pada badan dengan menggunakan obat-obatan. Biasanya, obat yang paling umum digunakan adalah obat antiperspiran. 

Antiperspiran mampu bekerja dengan mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Pori-pori yang bertugas untuk mengeluarkan keringat akan diblokir untuk sementara waktu.

Semakin sedikit keringat yang muncul di permukaan kulit, maka semakin sedikit bau badan yang dihasilkan. Anda bisa mendapatkan antiperspiran secara bebas di apotek, atau dengan berkonsultasi ke apoteker.

  • Perawatan medis

Dalam beberapa kasus, perawatan di rumah dan obat antiperspiran tidak mempan dalam mengatasi bau tak sedap di badan. Bisa saja, ini terjadi karena ada kondisi medis lain yang mendasari aroma tak sedap tersebut.

Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu berobat ke dokter. Dokter akan melakukan diagnosa, menentukan penyebab bau dan mencari metode pengobatan paling tepat untuk mengatasinya.

Dalam perawatan medis, pengobatan untuk bau tak sedap di badan meliputi penggunaan botox. Botox mampu mengurangi kemampuan kelenjar ekrin dalam menghasilkan keringat. Selain itu, perawatan juga bisa melalui laser untuk mencegah pertumbuhan bulu serta operasi untuk mengangkat kelenjar keringat. 

Perawatan medis umumnya hanya perlu dilakukan apabila metode lain tidak mempan mengatasi aroma tak sedap di badan. Anda perlu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter mengenai hal ini, karena metode perawatan medis cenderung memiliki efek samping atau komplikasi. 

Umumnya, bau badan bisa diatasi hanya dengan perawatan di rumah saja. Kalau perawatan di rumah tidak mempan, maka Anda bisa memaksimalkan perawatan dengan menggunakan obat seperti antiperspiran atau deodoran. Semua ini bisa dilakukan sendiri tanpa memerlukan anjuran dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *