Cara Mudah Mengatasi Dada Terasa Panas, Bisa Dilakukan di Rumah!

Cara Mudah Mengatasi Dada Terasa Panas, Bisa Dilakukan di Rumah!

Dada terasa panas dan muncul sensasi terbakar, sebenarnya tidak selalu menunjukkan tanda berbahaya. Anda bisa mengatasinya, tergantung pada penyebabnya. 

Kondisi dada terasa panas atau disebut juga heartburn, umumnya disebabkan oleh refluks asam alias GERD.

Selain itu, ada beberapa kemungkinan lain yang jadi penyebab dada terasa panas, seperti:

  • Serangan jantung
  • Angina 
  • Maag 
  • Ketegangan otot
  • Cedera pada otot

Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa menemukkan solusi tepat menanganinya. 

Dalam mendiagnosis masalah ini, dokter akan melakukan beberapa tes, seperti pemeriksaan riwayat medis, pemeriksaan fisik, x-ray dada, ct scan, dan lainnya.

Meski begitu, Anda bisa melakukan beberapa perawatan di rumah yang dapat membantu meredakan nyeri dada dan sensasi terbakar ringan, di antaranya:

1. Kompres  

Umumnya, ketika dada terasa panas, terbakar, dan nyeri disebabkan oleh ketegangan otot karena tekanan dari olahraga, aktivitas lain, atau trauma benda tumpul. 

Pemberian kompres dingin pada area yang nyeri dilakukan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menghentikan rasa sakit. Lakukan juga dengan melakukan pijatan lembut bagian yang sakit.  

2. Permen Karet

Tahukah Anda jika mengunyah permen karet dapat meredakan dan  mengatasi heartburn? Mengunyah permen karet terbukti dapat merangsang produksi air liur yang dapat membantu menetralkan asam lambung. 

Selain itu, mengunyah permen karet membantu pergerakan saluran pencernaan yang mengurangi risiko isi perut kembali naik ke tenggorokan.

3. Yogurt Tanpa Rasa 

Cara meredakan dada terasa panas selanjutnya apakah dengan meminum yogurt tanpa rasa. 

Mengonsumsi yogurt sama dengan meminum satu sendok makan suplemen kalsium atau magnesium cair. Konsumsi kalsium atau magnesium menjadikan tenggorokan lebih basa sehingga mampu menetralkan asam.  

4. Teh Herbal 

Teh herbal tanpa kandungan kafein seperti chamomile dapat meredakan dada terasa panas. 

Chamomile memiliki khasiat menenangkan yang dapat melapisi perut dan kerongkongan serta mengurangi iritasi pada jaringan mukosa. 

5. Pernapasan Dalam 

Melakukan latihan pernapasan dalam-dalam menjadi salah satu cara untuk mengatasi dada terasa panas. 

Teknik pernapasan ini dapat mengurangi jumlah udara yang masuk ke tubuh. Selain itu, pernapasan dalam dapat memperkuat otot-otot yang mengelilingi sfingter esofagus bagian bawah sehingga mengurangi beberapa gejala refluks asam.

6. Diet Mediterania 

Pola makan atau diet Mediterania dapat membantu mengurangi gejala refluks laringofaring (refluks asam) yang mengiritasi tenggorokan. 

Selain itu, batasi konsumsi makanan berminyak dan berlemak. Makanan tersebut dapat memicu terjadinya refluks asam.

7. Mengatur Posisi Tubuh 

Seringkali dada terasa panas muncul ketika hendak tidur. Untuk mengatasi heartburn yang muncul saat tidur, cobalah mengubah posisi tubuh. Anda bisa berbaring miring ke kiri dan buat posisi kepala menjadi lebih tinggi.

Letakkan beberapa bantal di kepala sehingga posisi tenggorokan lebih tinggi dibanding perut.

8. Tetap Terhidrasi 

Memenuhi cairan tubuh akan membuat sistem pencernaan berfungsi menjadi lebih baik. Untuk itu, Anda bisa meminum segelas air, terutama air hangat ketika dada terasa panas. 

Hal ini dapat membantu menjaga makanan tetap bergerak di saluran pencernaan.

Selain itu, hindari hal-hal yang dapat meningkatkan asam lambung seperti makanan asam, pedas, minuman mengandung kafein, soda dan alkohol.

Akan tetapi, jika keadaan tak kunjung membaik, semakin buruk, atau disertai gejala lain yang parah, sebaiknya segera cari bantuan medis. Dokter akan melakukan penanganan yang tepat untuk menangani keluhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *