Manfaat Jalan Cepat dan Cara Menghindari Cederanya

Manfaat Jalan Cepat Serta Cara Menghindari Cederanya

Setiap hari orang pasti berjalan, entah itu dari satu ruangan ke ruangan lainnya di rumah, atau berjalan karena ada aktivitas luar ruangan lainnya. Jalan kaki juga menjadi olahraga yang sederhana, mudah, dan gratis. Mereka bisa membuat tubuh Anda lebih aktif dan sehat.

Tak perlu banyak atau lama, 10 menit setiap hari saja berjalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan dan diperhitungkan dalam 150 menit olahraga mingguan yang direkomendasikan. Anda bisa mencobanya dengan jalan santai atau dengan jalan cepat.

Jalan cepat adalah jalan kaki dengan kecepatan yang ditingkatkan atau 100 langkah per menit. Agar seseorang dapat berjalan cepat, mereka harus bergerak dengan kecepatan maksimum 4,5 mph dengan waktu minimal 30 menit setiap hari.

Ini akan membuatmu sedikit berkeringat atau kehabisan nafas tapi tidak separah berlari dan risiko cederanya pun lebih kecil. Melansir dari Medical News Today, ketika seseorang berjalan cepat beberapa kali dalam seminggu, manfaat kesehatan, seperti penurunan tekanan darah dan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 bisa mereka dapatkan.

Berikut manfaat jalan cepat, jenis, serta cara menghindari cederanya.

Manfaat jalan cepat

Melansir dari beberapa sumber kesehatan, jalan cepat dapat bermanfaat antara lain:

  • Menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2
  • Memperkuat tulang dan otot
  • Meningkatkan daya tahan otot
  • Membantu membakar lebih banyak kalori
  • Meningkatkan kebugaran dan kardiovaskular
  • Mengangkat suasana hati, kognisi, memori, dan tidur
  • Menurunkan lemak tubuh sekaligus menjaga berat badan yang sehat 
  • Meningkatkan energi
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi stres dan ketegangan

Jenis dan gaya jalan cepat 

Ada beberapa jenis atau gaya jalan cepat yang menggunakan teknik khusus, bahkan dijadikan cabang olimpiade. Berikut jenis-jenis jalan cepat:

  • Power walking : Ini menggunakan gerakan lengan untuk kecepatan, kuncinya adalah menekuk lengan. Mempelajari gerakan lengan berjalan cepat yang tepat sangat penting untuk menghindari penggunaan gerakan yang ceroboh dan berlebihan yang akan membuat Anda lelah tanpa mengurangi waktu Anda.
  • Racewalking : Adanya teknik formal tertentu yang didasarkan pada aturan dan penilaian di kompetisi. Caranya dilakukan dengan menjaga lutut tetap lurus dan tidak ditekuk sejak kaki depan menyentuh tanah sampai lewat di bawah tubuh. Satu kaki bersentuhan dengan tanah setiap saat. Gerakan lengan juga digunakan untuk meningkatkan kecepatan. Teknik ini menghasilkan aksi rolling-hip yang khas.
  • Jalan cepat bergaya Olimpiade : Merupakan olahraga lintasan dan lapangan yang telah menjadi bagian dari Olimpiade sejak 1906. Ini adalah olahraga jarak jauh yang serius dengan lintasan 20 kilometer untuk pria dan wanita, dan lintasan 50 kilometer untuk pria. Jalan cepat gaya Olimpiade dapat menjaga kecepatan satu mil dalam 6 menit atau kurang.

Cara Mencegah Cedera Jalan Cepat

Meski lebih rendah dari berlari atau melompat, jalan cepat juga tetap memiliki risiko cedera. Untuk menghindari atau menguranginya serta meningkatkan Latihan Anda ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Selalu mulai dengan pemanasan sekitar 5 menit dengan kecepatan yang mudah, kemudian lakukan beberapa peregangan lembut sebelum memulai jalan cepat
  • Lakukan peregangan setelah berolahraga untuk menghindari rasa sakit dan cedera yang berlebihan.
  • Saat anda pertama kali melakukan jalan cepat, selingi teknik jalan cepat dengan jalan santai secara bergantian antara beberapa menit
  • Tingkatkan interval berjalan cepat secara bertahap untuk membangun stamina dan mencegah cedera, seperti nyeri otot atau nyeri tulang kering

Untuk melindungi terhadap nyeri Shin, nyeri tulang kering yang dialami kebanyakan pejalan kaki adalah karena kelelahan otot, Anda dapat memperlambat dan meningkatkan kecepatan secara bertahap, meregangkan betis dan mengarahkan serta melenturkan kaki untuk membantunya.

Para terapis fisik memperingatkan bahwa beban pergelangan kaki yang dikenakan di lengan dapat menyebabkan ketegangan pada leher, bahu, siku, dan pergelangan tangan. Anda juga harus menghindari penggunaan pemberat pergelangan kaki atau sepatu pemberat yang dirancang khusus , yang dapat meningkatkan risiko ketegangan dan cedera. Para ahli menyarankan untuk menyimpan beban untuk latihan latihan kekuatan yang terpisah. 

Manfaat jalan cepat sangat banyak bagi tubuh, mulai dari meningkatkan otot, energi, dan tulang, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan kolesterol, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa tipe jalan cepat yang biasa dilakukan, jika Anda baru ingin mencobanya, bisa melakukan secara bertahap dan diselingi dengan jalan santai.

Temukan informasi lainnya lebih banyak tentang manfaat jalan cepat serta tips dan cara menghitungnya di website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa bertanya jawab dengan ahli kesehatan seputar topik ini di aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *