Menelisik Dokter Spesialis Anestesi di RS Selaras

Sebagian orang mungkin berasumsi bahwa pekerjaan seorang dokter anestesi hanya sebatas memberikan pembiusan. Padahal tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh dokter anestesi mencakup banyak hal, termasuk memantau kondisi pasien serta memastikan pasien tidak merasa nyeri selama dan setelah operasi. Setiap rumah sakit pasti terdapat dokter spesialis anestesi, termasuk di RS Selaras.

Dokter anestesi merupakan dokter spesialis yang bertanggung jawab untuk memberikan anestesi atau pembiusan kepada pasien yang hendak menjalani prosedur bedah (operasi) dan prosedur medis lainnya.

Dokter anestesi merupakan bagian dari tim bedah, yang bekerja sama dengan dokter bedah dan perawat. Tindakan anestesi yang dilakukan dokter spesialis ini berupa pemberian obat-obatan sedatif dan antinyeri. Tujuannya agar pasien tertidur dan tidak merasakan nyeri selama prosedur operasi.

Secara garis besar, tanggung jawab dokter anestesi antara lain berikut ini.

  • Memberikan pelayanan perioperatif, yakni prosedur medis yang diperlukan untuk tindakan operasi. Hal ini meliputi persiapan sebelum operasi, pelayanan intraoperatif (saat operasi berlangsung), dan pelayanan pascaoperasi.
  • Menentukan pengobatan untuk mencegah dan menghilangkan rasa nyeri pada pasien, baik dalam prosedur operasi maupun pada pasien dengan kondisi medis tertentu. Misalnya pada pasien kanker, pasien yang hendak bersalin, dan pada pasien yang akan menjalani prosedur endoskopi.
  • Memberikan penanganan darurat, termasuk tindakan resusitasi pada pasien kritis dan pasien dalam perawatan intensif.

Secara garis besar, anestesi terbagi menjadi tiga jenis, yaitu anestesi anestesi lokal, anestesi regional, dan anestesi umum.

  1. Anestasi lokal

Anestesi hanya membuat kebal satu bagian tubuh secara spesifik, misalnya tangan, kaki, atau bagian kulit tertentu. Obat anestesi yang diberikan berbentuk salep, suntikan, atau semprotan. Saat mendapat anestesi lokal, Anda akan tetap sadar, sehingga dapat melihat prosedur yang dilakukan. Anestesi lokal hanya bertahan dalam waktu singkat dan umumnya pasien dapat langsung pulang di hari yang sama.

  1. Anestesi regional

Obat anestesi disuntikkan di dekat saraf atau percabangan saraf, dengan tujuan mematikan sebagian besar area tubuh namun mempertahankan kondisi kesadaran. Contohnya adalah anestesi epidural dan spinal yang diberikan pada wanita saat melahirkan atau pada prosedur operasi.

  1. Anestesi umum

Anestesi umum bertujuan untuk membuat pasien tertidur dan tidak tersadar selama operasi berlangsung. Obat anestesi diberikan melalui suntikan pembuluh vena di tangan atau lengan, atau menghirup gas menggunakan masker atau selang kecil yang terhubung dengan mesin pembius khusus. Anestesi umum diberikan jika prosedur medis memakan waktu berjam-jam atau dilakukan pada sebagian besar area tubuh. Setelah terbius, dokter anestesi akan melakukan intubasi (pemasangan alat bantu napas) guna memastikan bahwa jalan napas pasien aman, dan memberikan bantuan pernapasan selama operasi. Anestesi umum bertujuan untuk:

  • Mengurangi kecemasan pasien
  • Membuat pasien tetap tertidur selama prosedur operasi
  • Meminimalkan rasa sakit selama operasi
  • Mengendurkan otot-otot sehingga pasien tetap rileks
  • Memblokir memori saat operasi

Setiap dokter anestesi dilatih untuk menangani pasien di ruang operasi, tapi tidak sedikit dokter anestesi yang mengambil subspesialisasi, misalnya di bidang perawatan pasien kritis yang membutuhkan perawatan intensif (Intensive Care Unit/ICU).

Ada juga dokter anestesi pediatrik yang menangani manajemen nyeri dan anestesi pada anak-anak, neuroanestesi yang menangani operasi bedah saraf, dan dokter anestesi yang mendalami bidang penanganan nyeri, misalnya nyeri kronik atau nyeri terkait kanker.

Dokter anestesi dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pasien yang menjalani operasi dan prosedur medis lainnya. Ia turut bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan pasien, serta pelaksanaan operasi yang sesuai prosedur.

RS Selaras yang berada di Jalan Raya Lapan – Rumpin, Suradita, Cisauk, Suradita, Cisauk, Tangerang,  menyediakan spesialis dokter anestesi. Jadi jika Anda ingin melakukan tindakan di medis rumah sakit ini tidak perlu khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *