Mengenal 5 Kaldu Penyedap Selain Kaldu Bubuk Ayam

Ketika sedang memasak, rasanya tidak lengkap jika tidak menambahkan bahan penyedap. Nah, salah satu bahan penyedap yang sering digunakan yaitu kaldu bubuk ayam. Kaldu merupakan sari dari daging, tulang, atau bahan baku lainnya yang didapatkan dengan cara direbus dalam waktu yang cukup lama. 

Tidak hanya sebagai penambah rasa agar lebih gurih, kaldu juga digunakan untuk menambahkan aroma sedap pada masakan. Selain kaldu bubuk ayam, ada juga kaldu yang dibuat dari bahan baku lainnya mulai dari jamur hingga ikan. Berikut ini ada beberapa pilihan kaldu yang bisa Anda coba sebagai penyedap dalam masakan, di antaranya yaitu:

1. Kaldu Sapi

Selain kaldu bubuk ayam, kaldu sapi juga menjadi salah satu penyedap rasa yang paling sering digunakan dalam olahan masakan. Kaldu sapi dibuat dari daging sapi utuh, tulang sapi, atau bahkan gabungan dari keduanya yang direbus lama. Kaldu tulang sapi dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, di antaranya yaitu baik untuk kesehatan persendian, meningkatkan kesehatan tulang, serta menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, kaldu sapi juga membuat tidur lebih lelap karena kandungan Glisin di dalamnya dapat mengurangi stres, dan melancarkan peredaran darah. Jika dibandingkan dengan kaldu bubuk ayam, kaldu sapi memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

2. Kaldu Jamur

Bagi Anda yang vegetarian dan tidak mengonsumsi daging dan olahannya, Anda bisa menggunakan kaldu jamur sebagai penyedap rasa untuk menggantikan kaldu bubuk ayam ataupun sapi. Meski terbuat dari bahan baku nabati, kaldu jamur tetap bisa membuat sayuran yang Anda masak terasa gurih dan sedap.

Hal ini karena rasa umami atau gurih dihasilkan dari MSG alami kaldu jamur serupa dengan MSG buatan. Namun, tidak semua jenis jamur bisa dijadikan sebagai bahan baku kaldu untuk penyedap rasa. Ada dua jenis jamur yang paling sering digunakan yaitu jamur merang dan jamur tiram. Kaldu jamur juga digunakan untuk menggantikan kaldu bubuk ayam untuk orang yang sedang mengurangi konsumsi garam.

3. Kaldu Ikan

Kaldu yang terbuat dari bahan baku satu ini juga sudah mulai banyak digunakan untuk menggantikan konsumsi kaldu bubuk ayam. Kaldu ikan biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada makanan MPASI bagi anak-anak. Beberapa jenis ikan yang kerap digunakan sebagai bahan baku kaldu yaitu ikan salmon, ikan kakap, serta ikan tuna. Salah satu kaldu ikan yang bisa dicoba adalah kaldu ikan teri yang terbuat dari ikan teri nasi. Ikan teri ini diolah dengan cara dikeringkan pada suhu rendah agar nutrisi di dalamnya tidak hilang. Kaldu ikan teri aman digunakan karena bebas dari kandungan garam, gula, dan MSG dibandingkan dengan kaldu bubuk ayam.

4. Kaldu Tempe

Satu lagi kaldu yang bisa dijadikan penyedap rasa dalam MPASI adalah kaldu tempe. Kaldu tempe memang belum sepopuler kaldu bubuk ayam dan lainnya, tetapi sudah mulai banyak digunakan bagi Ibu yang sedang menyiapkan MPASI bagi si Kecil. Kaldu tempe juga aman digunakan karena tidak memiliki kandungan gula, garam, dan MSG. 

Meski begitu, kaldu ini tetap bisa memberikan rasa gurih dari komposisi bawang putih. Kaldu tempe juga bisa digunakan sebagai protein nabati. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kaldu tempe ini yaitu membantu pertumbuhan gigi dan tulang, membantu produksi sel darah merah, menangkal radikal bebas, serta memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Kaldu Rumput Laut

Pilihan kaldu ini masih terbilang jarang ditemui di pasaran. Namun, ada beberapa produk penyedap rasa yang menjual kaldu rumput laut, salah satunya yaitu Alsultan. Anda juga bisa membuat kaldu rumput laut sendiri di rumah dengan menggunakan Kombu, yaitu lembaran rumput laut yang sudah dikeringkan. 

Caranya, siapkan Kombu dan air untuk merendamnya selama kurang lebih 30 menit. Lalu, rebus air hingga mendidih dan sisihkan Kombu dari panci. Jangan terlalu lama merebusnya karena justru bisa menimbulkan bau amis.

Anda bisa membuat berbagai makanan kuah dari air rebusan tersebut, misalnya sashimi atau tsukudani. Anda juga bisa menggunakan kaldu rumput laut sebagai pengganti kaldu bubuk ayam jika Anda sedang menjalani pola hidup vegetarian dan menghindari konsumsi daging dan olahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *