Penyebab Kaki Pegal Di Malam Hari dan Pilihan Perawatan

Nyeri kaki dan pegal merupakan masalah bagi jutaan orang setiap hari, mulai dari nyeri yang tumpul dan berdenyut hingga sensasi yang tajam dan menyengat.

Bagi sebagian orang, nyeri dan penyebab kaki pegal di malam hari atau saat mereka sedang tidur. Ini dapat mengganggu tidur dan membuat sulit tidur berkualitas tinggi.

Manfaat refleksi kaki salah satunya adalah melancarkan peredaran darah

Terkena sakit kaki di malam hari?  Ada beberapa penyebab dan faktor umum serta cara terbaik untuk menangani setiap kondisi. Dalam banyak kasus, beberapa pengobatan rumahan dapat meredakan nyeri dan pegal kaki di malam hari, tetapi Anda mungkin perlu ke dokter.

Berbagai faktor dapat menyebabkan kaki lelah. Kaki yang lelah bisa disertai rasa sakit, nyeri, pegal atau kram. Kaki lelah biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi tetap penting untuk memperhatikan tubuh Anda saat kelelahan terjadi. Ini terutama terjadi jika Anda memiliki gejala lain.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab kaki lelah:

Olahraga terlalu sedikit

Gerakan yang terbatas juga bisa menyebabkan kaki lelah. Orang yang duduk sepanjang hari atau mengambil cuti dari olahraga mungkin mengalami rasa berat di kaki mereka.

Melanjutkan aktivitas atau beristirahat untuk berdiri dan berjalan sepanjang hari dapat membantu.

Kram

Terlalu banyak olahraga atau peregangan otot yang tidak memadai dapat menyebabkan kram pada kaki. Kram dapat berkisar dari rasa sakit ringan hingga parah, dan kaki mungkin terasa lelah dan berat.

Orang dengan kram harus istirahat sampai hilang. Jika kram berlanjut atau sering terjadi, mereka harus mencari bantuan medis.

Kehamilan

Kehamilan bisa menyebabkan kaki bengkak, yang bisa membuat tidak nyaman dan menyebabkan kelelahan pada tubuh bagian bawah. Kaki bengkak adalah akibat dari:

  • retensi cairan
  • rahim yang tumbuh meningkatkan tekanan di vena
  • perubahan hormonal

Siapa pun dengan pembengkakan yang tiba-tiba atau parah selama kehamilan harus mencari pertolongan medis, karena ini mungkin merupakan tanda preeklamsia.

Sindrom kaki gelisah

Orang dengan sindrom kaki gelisah mengalami sensasi tidak nyaman pada kaki, seperti nyeri, pegal, berdenyut, dan keinginan untuk menggerakkan anggota tubuh tersebut. Kondisi penyebab kaki pegal di malam hari tersebut kerap terjadi dan mengganggu tidur.

Menggerakkan kaki dapat meredakan sementara dan mengatasi ketidaknyamanan.

Cara merawat kaki lelah di rumah

Dalam banyak kasus, Anda dapat mengobati kaki yang lelah di rumah.

1. Menyikat kering

Menyikat kering dapat membantu menstimulasi sirkulasi, meningkatkan energi, dan meningkatkan drainase limfatik. Manfaat tambahan dari menyikat kering adalah membantu pengelupasan kulit Anda.

Gunakan kuas dengan bulu alami. Mulailah dengan kaki Anda dan lanjutkan ke atas menuju jantung Anda. Lakukan ini selama 10 hingga 15 menit sebelum mandi air dingin.

2. Mandi air hangat

Berendam dalam air hangat dapat membantu Anda rileks sambil mengurangi tekanan pada kaki dan meningkatkan sirkulasi. Tambahkan hingga 2 cangkir garam laut, garam Epsom, atau soda kue. Berendamlah di bak mandi setidaknya selama 20 menit.

3. Mandi kaki

Mandi kaki dapat membantu memulihkan kaki yang lelah dengan mengurangi rasa sakit, nyeri, pegal dan pembengkakan.

Tambahkan 1 cangkir masing-masing garam Epsom, garam laut, dan cuka ke dalam bak air hangat. Rendam kaki Anda setidaknya selama 20 menit.

6. Pijat

Pijat dapat membantu meredakan kelelahan kaki. Jika memungkinkan, pesan pijat dengan terapis pijat bersertifikat. Anda juga bisa berlatih memijat sendiri dengan mengoleskan minyak atau salep ke kaki dan tungkai Anda.

Anda mungkin ingin menggunakan gel atau krim capsaicin untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi.

7. Latihan sederhana

Ada beberapa latihan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan kaki yang lelah dan pegal. Bahkan satu menit latihan ini bisa membuat darah Anda mengalir.

  • Cobalah menggelindingkan bola tenis di bawah kaki Anda saat Anda duduk.
  • Putar pergelangan kaki Anda searah jarum jam, satu per satu. Bayangkan Anda sedang menggambar lingkaran di lantai. Anda dapat melakukannya sambil duduk atau berdiri.
  • Sambil berdiri, bergantian antara naik dengan ujung jari kaki dan mengembalikan kedua kaki ke lantai.
  • Lakukan jumping jack, squat, atau jogging di tempat.

Itulah cara atau perawatan untuk menghilangkan rasa nyeri dan penyebab kaki pegal di malam hari yang bisa di lakukan dirumah Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *