Perawatan Selain Bodrex Flu dan Batuk Berdahak

Saat sebuah iritan masuk ke dalam tenggorokan atau saluran udara, saraf akan mengirim sinyal ke otak bahwa ada suatu hal yang mengiritasi saluran udara. Otak kemudian akan mengirim instruksi ke otot perut dan dada untuk batuk dan mendorong udara keluar bersamaan dengan iritan tersebut. Batuk bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala dan dapat diobati menggunakan Bodrex flu dan batuk berdahak, yang mana merupakan sebuah obat over-the-counter yang bisa Anda dapatkan tanpa menggunakan resep dari dokter. 

Bodrex Flu Dan Batuk Berdahak PE Kaplet  harga terbaik 1901

Batuk berdahak juga disebut pula batuk produktif karena batuk jenis ini memproduksi dahak. Dahak adalah lendir yang berasal dari paru-paru. Batuk jenis ini biasanya disebabkan karena infeksi bakteri atau virus, dan dapat ditemani dengan gejala lain seperti dada terasa sesak dan mengi. Selain Bodrex flu dan batuk berdahak, ada pula cara-cara lainnya dalam mengatasi gejala batuk, seperti:

  • Minum banyak air. Tubuh Anda perlu dijaga agar selalu terhidrasi. Salah satu “home remedies” untuk batuk selain Bodrex flu dan batuk berdahak adalah minum air. Air dapat membantu menipiskan lendir yang ada di dalam tenggorokan Anda. Selain air putih biasa, Anda juga bisa minum teh jahe, jus, sup, dan kaldu, namun jangan buat minuman tersebut terlalu panas atau pedas karena malah dapat membuat tenggorokan iritasi. 
  • Humidifier. Selain menggunakan Bodrex flu dan batuk berdahak, cara lain dalam mengatasi batuk produktif adalah dengan memastikan udara di ruangan Anda tidak kering terutama pada malam hari saat Anda tidur. Gunakan humidifier dan minyak esensial untuk melembapkan udara di sekitar Anda. 
  • Menghirup uap. Cara ini dapat membantu menipiskan lendir yang ada di dalam hidung dan tenggorokan. 
  • Madu. Salah satu home remedies lain yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak adalah dengan menggunakan madu. Namun, penting untuk diingat bahwa madu tidak boleh digunakan untuk anak berusia di bawah 1 tahun. Hal ini disebabkan karena madu dapat mengandung Clostridium botulinum yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bagi Anda dan keluarga untuk menggunakan madu yang telah dipasteurisasi (namun tetap jangan berikan untuk bayi di bawah 1 tahun). Setengah sendok teh madu yang telah dipasteurisasi dalam satu dosis dapat berikan untuk anak usia di atas 1 tahun sebelum tidur. Sementara itu, orang dewasa dapat mengonsumsi 1 sendok teh madu untuk meredakan batuk berdahak. Madu merupakan obat batuk berdahak yang baik selain Bodrex flu dan batuk berdahak. 
  • Mandi air hangat. Mandi menggunakan air yang hangat dapat membantu Anda mengatasi batuk. Hindari air panas karena malah dapat membuat kulit terbakar dan iritasi. 
  • Madu dan lemon. Minum teh lemon atau teh madu atau jus lemon yang dicampur madu dapat membantu melegakan tenggorokan dan meringankan gejala batuk berdahak yang Anda derita. Vitamin C yang terkandung di dalam lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, madu dan lemon merupakan dua home remedies yang sangat baik untuk batuk berdahak. 
  • Hindari merokok. Jangan merokok atau berada di tempat di mana Anda mendapatkan banyak paparan asap rokok. 

Batuk merupakan sebuah kondisi yang lazim dijumpai dan biasanya akan hilang dalam beberapa hari atau minggu. Obat over the counter yang direkomendasikan untuk batuk adalah Bodrex flu dan batuk berdahak. Selain obat ini, Anda juga bisa mencoba beberapa home remedies yang disebutkan di atas. Namun, apabila batuk terus menerus terjadi meskipun sudah mendapatkan perawatan atau malah bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *